MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK DENGAN BERMAIN IMAJINASI DAN MIND MAP

Leonardo Damanik

Abstract


Menulis merupakan salah satu keterampilan dalam pelajaran Bahasa
Indonesia mulai dari SD s.d. SMA. Salah satu kompetensi dasar menulis adalah
menulis cerita pendek. Sebagian besar siswa mengalami kesulitan untuk menulis
cerita pendek. Kesulitan ini disebabkan para siswa tidak senang menulis dan sulit
untuk mengungkapkan gagasan lewat tulisan akibat dari kurangnya variasi dalam
mengajar atau metode mengajar yang tidak tepat. Bermain imajinasi dan mind map
merupakan strategi baru untuk menumbuhkan rasa senang pada siswa dalam
menulis cerita pendek. Dengan imajinasi, para siswa dapat berkreativitas, termasuk
kreativitas dalam menulis. Peta pikiran (mind map) yang identik dengan gambargambar
dan warna-warna sangat mempengaruhi proses berpikir seseorang dalam
menuangkan gagasan. Hal ini akan memudahkan siswa dalam membuat kerangka
karangan cerpen. Perpaduan bermain imajinasi dan mind map dalam menulis dapat
meningkatkan keterampilan seseorang dalam menulis. Karena menulis tidak hanya
mengandalkan otak kiri melainkan otak kanan pun sangat mendukung, sehingga
menulis pun menjadi suatu aktivitas yang menyenangkan. Hal ini dapat dibuktikan
dalam penelitian yang dilakukan pada 16 orang siswa kelas X SMA N 1 Silau
Kahean. Berdasarkan hasil penelitian, pada penelitian pertama dengan
menggunakan metode ceramah dan penugasan, 10 orang siswa masih memperoleh
nilai di bawah KKM. Pada penelitian kedua dengan menggunakan metode bermain
imajinasi, mind map dan penugasan, nilai rata-rata kelas dalam materi menulis
cerita pendek meningkat dari 68.5 menjadi 75.9 dan hanya 1 (satu) orang yang
nilainya tidak mencapai KKM.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i1.5196

Article Metrics

Abstract view : 228 times
PDF - 322 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)