PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ALAM SEKITAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BORBOR T.P 2012/2013
Abstract
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Alam Sekitar Terhadap Gratis
Puisi Kemampuan Menulis di Belajar Indonesia Dengan Kelas X SMA Negeri 1
Borbor TP 2013/2014 . Bahasa Indonesia dan Sastra . Program Studi Pendidikan
Indonesia / S2 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan . Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran alam sekitar pada kemampuan
untuk menulis sajak bebas kelas X SMA Negeri 1 Borbor. Populasi dalam penelitian
ini adalah 240 siswa sampel dalam penelitian ini adalah 60 siswa . Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen . Instrumen yang
digunakan adalah tes menulis puisi dalam bentuk tes esai . Nilai rata-rata percobaan
adalah 76,16 sedangkan kelompok kontrol adalah 70,83 . Dengan demikian dapat
dikatakan bahwa eksperimen nilai tes kelas yang lebih tinggi dibandingkan dengan
kelas kontrol . Dari analisis data menggunakan uji ' t ' diperoleh t = 2.76 , kemudian
dikonsultasikan dengan tabel tingkat signifikansi 5 % atau dengan df = n - 1 , yaitu
30-1 = 29 dari 29 df diperoleh tingkat signifikan 5 % = 2.01 . Dengan demikian
diperoleh bahwa t > t tabel yaitu 2,76 > 2:01 , sehingga hipotesis ( Ho ) ditolak dan
hipotesis alternatif ( Ha ) diterima . Akhirnya , dapat disimpulkan bahwa
penggunaan model pembelajaran alam sekitar efek positif pada kemampuan untuk
menulis puisi bebas pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Borbor.
Puisi Kemampuan Menulis di Belajar Indonesia Dengan Kelas X SMA Negeri 1
Borbor TP 2013/2014 . Bahasa Indonesia dan Sastra . Program Studi Pendidikan
Indonesia / S2 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan . Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran alam sekitar pada kemampuan
untuk menulis sajak bebas kelas X SMA Negeri 1 Borbor. Populasi dalam penelitian
ini adalah 240 siswa sampel dalam penelitian ini adalah 60 siswa . Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen . Instrumen yang
digunakan adalah tes menulis puisi dalam bentuk tes esai . Nilai rata-rata percobaan
adalah 76,16 sedangkan kelompok kontrol adalah 70,83 . Dengan demikian dapat
dikatakan bahwa eksperimen nilai tes kelas yang lebih tinggi dibandingkan dengan
kelas kontrol . Dari analisis data menggunakan uji ' t ' diperoleh t = 2.76 , kemudian
dikonsultasikan dengan tabel tingkat signifikansi 5 % atau dengan df = n - 1 , yaitu
30-1 = 29 dari 29 df diperoleh tingkat signifikan 5 % = 2.01 . Dengan demikian
diperoleh bahwa t > t tabel yaitu 2,76 > 2:01 , sehingga hipotesis ( Ho ) ditolak dan
hipotesis alternatif ( Ha ) diterima . Akhirnya , dapat disimpulkan bahwa
penggunaan model pembelajaran alam sekitar efek positif pada kemampuan untuk
menulis puisi bebas pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Borbor.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i1.5197
Article Metrics
Abstract view : 120 timesPDF - 144 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)