KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R DAN GAYA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Sastra Priadi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Perbedaan kemampuan membaca siswa yang diajar dengan menggunakan metode membaca SQ3R dan dengan menggunakan metode membaca Quantum Reading. Perbedaan kemampuan membaca siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual dan dengan auditori. Dan interaksi antara metode membaca dengan gaya belajar siswa dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar kemampuan membaca. Teknik analisis data menggunakan ANAVA 2x2 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil belajar kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan metode SQ3R lebih tinggi daripada hasil belajar kemampuan membaca yang diajar dengan metode Quantum Reading. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual dan auditori. Terdapat interaksi antara metode membaca dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar kemampuan membaca siswa.

DOI:

https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.5199

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Perbedaan kemampuanmembaca siswa yang diajar dengan menggunakan metode membaca SQ3R dandengan menggunakan metode membaca Quantum Reading. Perbedaan kemampuanmembaca siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual dan denganauditori. Dan interaksi antara metode membaca dengan gaya belajar siswa dalammemberikan pengaruh terhadap hasil belajar. Metode penelitian ini adalah quasieksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan untukmengumpulkan data adalah tes hasil belajar kemampuan membaca. Teknik analisisdata menggunakan ANAVA 2x2 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil belajarkemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa yang diajardengan metode SQ3R lebih tinggi daripada hasil belajar kemampuan membaca yangdiajar dengan metode Quantum Reading. Terdapat perbedaan yang signifikanantara hasil belajar kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesiayang memiliki kecenderungan gaya belajar visual dan auditori. Terdapat interaksiantara metode membaca dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajarkemampuan membaca siswa.

Downloads

Published

2016-10-01