KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R DAN GAYA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.5199Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Perbedaan kemampuanmembaca siswa yang diajar dengan menggunakan metode membaca SQ3R dandengan menggunakan metode membaca Quantum Reading. Perbedaan kemampuanmembaca siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual dan denganauditori. Dan interaksi antara metode membaca dengan gaya belajar siswa dalammemberikan pengaruh terhadap hasil belajar. Metode penelitian ini adalah quasieksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan untukmengumpulkan data adalah tes hasil belajar kemampuan membaca. Teknik analisisdata menggunakan ANAVA 2x2 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil belajarkemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa yang diajardengan metode SQ3R lebih tinggi daripada hasil belajar kemampuan membaca yangdiajar dengan metode Quantum Reading. Terdapat perbedaan yang signifikanantara hasil belajar kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesiayang memiliki kecenderungan gaya belajar visual dan auditori. Terdapat interaksiantara metode membaca dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajarkemampuan membaca siswa.Downloads
Published
2016-10-01
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Penulis.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).