KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R DAN GAYA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Perbedaan kemampuan
membaca siswa yang diajar dengan menggunakan metode membaca SQ3R dan
dengan menggunakan metode membaca Quantum Reading. Perbedaan kemampuan
membaca siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual dan dengan
auditori. Dan interaksi antara metode membaca dengan gaya belajar siswa dalam
memberikan pengaruh terhadap hasil belajar. Metode penelitian ini adalah quasi
eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah tes hasil belajar kemampuan membaca. Teknik analisis
data menggunakan ANAVA 2x2 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil belajar
kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa yang diajar
dengan metode SQ3R lebih tinggi daripada hasil belajar kemampuan membaca yang
diajar dengan metode Quantum Reading. Terdapat perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia
yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual dan auditori. Terdapat interaksi
antara metode membaca dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar
kemampuan membaca siswa.
membaca siswa yang diajar dengan menggunakan metode membaca SQ3R dan
dengan menggunakan metode membaca Quantum Reading. Perbedaan kemampuan
membaca siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual dan dengan
auditori. Dan interaksi antara metode membaca dengan gaya belajar siswa dalam
memberikan pengaruh terhadap hasil belajar. Metode penelitian ini adalah quasi
eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah tes hasil belajar kemampuan membaca. Teknik analisis
data menggunakan ANAVA 2x2 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil belajar
kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa yang diajar
dengan metode SQ3R lebih tinggi daripada hasil belajar kemampuan membaca yang
diajar dengan metode Quantum Reading. Terdapat perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia
yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual dan auditori. Terdapat interaksi
antara metode membaca dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar
kemampuan membaca siswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.5199
Article Metrics
Abstract view : 202 timesPDF - 657 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)