PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNSUR INTRINSIK CERPEN DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP BAGI SISWA KELAS XI MAS ISLAMIC CENTRE MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Andi Syahputra Harahap

Abstract


Tujuan kajian ini adalah: (1) Menghasilkan bahan ajar pada pembelajaran
unsur intrinsik cerpen yang layak, mudah dan menarik digunakan, (2)Mengetahui
kelayakan produk bahan ajar pada pembelajaran unsur intrinsik cerpen. Jenis
penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model
pengembangan produk Brog and Gel yang dipadu dengan model pengembangan
pembelajaran Dick and Carey. Model pengembangan produk pembelajaran ini
merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis
dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Model ini meliputi enam tahap
yakni: : (1) melakukan penelitian pendahuluan, (2) pembuatan desain sofware, (3)
pengumpulan bahan, (4) membuat dan memproduksi media pembelajaran interaktif,
dan (5) review atau uji lapangan dalam rangka evaluasi formatif dan revisi produk.
Evaluasi pormatif terus berlangsung selama proses pengembangan mulai dari tahap
analisi, desain, produksi maupun implementasi sampai diperoleh hasil yang sesuai
dengan tujuan yang telah ditetapkan, (6) uji efektifitas. Subjek uji coba terahir dari
dua ahli materi mata pelajaran bahasa indonesia, dua ahli desain pembelajaran,
tiga siswa untuk uji perorangan, 9 siswa untuk uji kelompok kecil dan 35 siswa untuk
uji lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan
angket. Data-data yang dikumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil
penelitian hasil penelitian menunjukkan : (1) uji ahli materi unsur intrinsik cerpen
termasuk dalam kategori sangat baik, (2) uji ahli desain pembelajaran dalam
penilaian dengan kategori sangat baik, (3) uji perorangan berada dalam kualitas
sangat baik, (4) uji kelompok kecil berada dalam kualitas sangat baik dan penilaian
terahir uji lapangan dalam kualitas sangat baik. Disimpulkan bahwa bahan ajar
pada pembelajaran unsur intrinsik cerpen sangat layak dan mudah digunakan pada
pembelajaran analisis unsur intrinsik cerpen di SMA/MA kelas XI. Hasil pengujian
kelayakan terdapat perbedaan yang signifikan yaitu siswa yang belajar
menggunakan bahan ajar (Handout) yaitu 81,91 dengan hasil belajar siswa sebelum
menggunakan bahan ajar (Handout) yaitu 71,71. Sehingga, dapat disimpulkan
bahwa penggunaan bahan ajar pada pembelajaran unsur intrinsik cerpen efektif
digunakan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.5202

Article Metrics

Abstract view : 383 times
PDF - 524 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)