PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH TAHFIZHIL QUR’AN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Pratiwi Sartika Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar
menulis paragraf argumentasi siswa yang diajar dengan menggunakan teknik
pembelajaran duti-duta dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan teknik
pembelajaran teratai, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar menulis
paragraf argumentasi, (3) terdapat interaksi antara teknik pembelajaran dan
motivasi belajar terhadap hasil belajar menulis paragraf argumentasi siswa. Hasil
temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar menulis paragraf
argumentasi siswa yang diajarkan dengan teknik duti-duta lebih tinggi (88,530) dari
pada yang diajarkan dengan teknik teratai (3,991), (2) hasil belajar menulis
paragraf argumentasi yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik (103,060)
dari pada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah (3,991), (3) terdapat
interaksi antara teknik pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar
menulis paragraf argumentasi (Fhitung = 90,250 > Ftabel = 3,991).

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.5203

Article Metrics

Abstract view : 213 times
PDF - 4430 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)