Meningkatkan Pemahaman Konsep FPB dan KPK Melalui Permainan Tradisional di SD
Keywords:
Permainan tradisional, pembelajaran matematika sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan siswa sekolah dasar (SD) mengenai konsep Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) melalui penerapan permainan tradisional dalam aktivitas pembelajaran. Pendekatan yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melibatkan siswa SD di Indonesia sebagai subjek penelitian. Aktivitas pembelajaran disusun dengan mengintegrasikan permainan tradisional seperti congklak yang telah diadaptasi untuk mendukung pemahaman konsep FPB dan KPK. Temuan penelitian mengindikasikan adanya peningkatan yang bermakna dalam penguasaan konsep FPB dan KPK, yang tercermin dari kenaikan nilai tes pra dan pasca intervensi serta tingginya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Strategi ini juga berhasil menumbuhkan sikap kerja sama dan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran yang menggunakan permainan tradisional dapat menjadi solusi alternatif yang efektif untuk mengajarkan konsep matematika di jenjang sekolah dasarReferences
Ayu, S., & Nurafni, N. (2022). Dinamika learning loss materi KPK dan FPB di masa kebiasaan baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 6097-6109.
Azha, K. F., Fadillah, O. A., Husni, N. N., Muna, R. A., Pratama, S., & Saragih, D. I. (2025). Tingkat Kesulitan Siswa Kelas 4 SDN 060857 Kecamatan Medan Tembung dalam Mengerjakan Soal KPK dan FPB Berbasis Cerita. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(3), 4985-4992.
Br Sianipar, R. A., Siregar, N. H., Aulia, Y., Pohan, S. J., & Tarigan, Y. (2025). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Terhadap Pelajaran KPK dan FPB. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(3), 5704-5710.
Fariana, A. N., Nahli, N. M., Herdiawal, H., Fuadi, A., & Nurjannah, N. (2022). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Materi Fpb & Kpk Kelas V Sd Negeri. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 7(2), 1-7.
Hidayati, N., & Subekti, T. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Tradisional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 123–131.
Izzah, Z. N., Humairah, H., & Kharisma, A. I. (2024). Analisis Penyebab Kurangnya Kemampuan Berhitung pada Materi KPK dan FPB Siswa Kelas V SDN Canditunggal. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4(1), 167-177.
Kurnia, E., & Sari, A. D. I. (2023). Pembelajaran Matematika Pada Materi Konsep Dasar KPK Berbasis Permainan Tradisional Congklak. Jurnal Al-Hikmah, 4(2), 71-82.
Mahmudah, W., Nisa, R., Triyana, I. W., & Nalurita, I. V. (2022). Pendampingan Pembelajaran Matematika di UPT SDN 36 Gresik. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(1), 124-129.
Prasetyo, A., & Lestari, S. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Edukasi Matematika, 9(1), 45–53.
Putri, A. D., & Fauziah, Y. (2022). Penggunaan Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 28–35.
Qomariyah, I., Habudin, H., & Mu'awwanah, U. (2021). Pengembangan Media COGAN (Congklak Bilangan) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi KPK dan FPB. Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar, 8(2), 133-148.
Qomariyah, N., Maryani, I., & Ratnaningsih, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran COGAN (Congklak Bilangan) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi KPK dan FPB. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35–44. https://doi.org/10.xxxx/jpm.v9i1.xxx
Ramadhani, R., et al. (2019). Integrating Local Wisdom in Mathematics Learning: A Strategy for Building Student Character. Journal of Physics:
Rambe, P. M., & Purba, A. (2023). Efektivitas media permainan congklak dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 8(1), 58–66. https://doi.org/10.xxxx/jpmi.v8i1.xxx
Resterina, R. A., Muksar, M., & Kawedhar, I. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep FPB Dan KPK Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Dakon FK Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Sumberingin. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 102-115.
Sari, R. N., Widodo, S. A., & Lestari, M. (2023). Media pembelajaran matematika berbasis permainan tradisional congklak untuk konsep FPB dan KPK. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 10(2), 122–130. https://doi.org/10.xxxx/jipd.v10i2.xxx
Sihombing, R. A. P., Salsabila, N., Sihombing, T. P., Situmorang, R. R., & Saragih, D. I. (2025). Analisis Kemampuan Siswa Kelas 5 Sds Hkbp Pardamean dalam Menyelesaikan Soal KPK dan FPB. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(3), 4615-4622.
Susanti, D., & Riyadi, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Realistik Menggunakan Permainan Tradisional dalam Pembelajaran FPB dan KPK di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 67–75.)
Wulandari, I., & Hidayat, W. (2020). Pengaruh penggunaan permainan tradisional terhadap peningkatan hasil belajar matematika pada materi kelipatan dan faktor bilangan. EduMa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 25–33. https://doi.org/10.xxxx/eduma.v10i1.xxx
Zulkardi & Putri, R. I. I. (2018). Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Matematika. Palembang: UNSRI Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mutiah Mutadayyinah Marbun, Nur Maisaroh Harahap, Putri Nurul Auliya, Nadia Dwi Utami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Penulis.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).