Perbedaan Hasil Belajar Instalasi Penerangan Listrik Menggunakan Strategi Pembelajaran (PBL) dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori Siswa Kelas XI TIPTL SML Negeri 1 Percut Sei Tuan

Abdul Hakin Butarbutar, Muhammad Rasyid

Abstract


Tujuan penenelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik yang menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan strategi pembelajaran Ekspositori Siswa Kelas XI TIPTL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 2 kelas, yaitu kelas XI TIPTL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TIPTL 2 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas berjumlah 32 orang siswa. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 30 butir. Hasil pengujian pretest sebelum diberi perlakuan yang berbeda, yaitu skor rata-rata di kelas eksperimenĀ  (21,43) dengan standar deviasi 3,5 dan skor rata-rata di kelas kontrol (17,63) dengan standar deviasi 2,8. Pada pengujian data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen yang berarti memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen diajarkan dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas kontrol diajar dengan strategi pembelajaran Ekspositori. Setelah pembelajaran selesai diberikan posttest, diperoleh nilai posttest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen (82,19) dengan standar deviasi 8,76 dan kelas kontrol (69,38) dengan standar deviasi 12,68

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jptk.v19i2.10993

Article Metrics

Abstract view : 167 times
PDF - 268 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.