Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan - SMK Negeri 1 Lubuk Pakam

Muhammad Syafi'i, Zulkifli Matondang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kontekstual dan Gaya belajar terhadap hasil belajar Mekanika Teknik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen semu. Pengambilan sampel penelitian secara acak, kelas Teknik Gambar Bangunan-A sebagai kelompok Eksperimen Kontekstual berjumlah 35 orang dan kelas Teknik Gambar Bangunan-B sebagai kelompok Eksperimen Konvensional berjumlah  35 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah : 1) Model Pembelajaran (Kontekstual) ; 2) Gaya Belajar; 3) Interaksi antara Model Pembelajaran dengan Gaya Belajar. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar Mekanika Teknik. Data diambil melalui instrumen test berupa pilihan berganda berjumlah 23 soal, essai berjumlah 5 soal, dan instrumen nontest berupa angket motivasi belajar berjumlah 36 item. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh :  (1) Model Pembelajaran Kontekstual memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar Mekanika Teknik dibandingkan Model Pembelajaran Konvensional dengan nilai uji hipotesis kompetensi sikap diperoleh thitung = 5,203 > ttabel 5% = 3,982, kompetensi pengetahuan diperoleh thitung = 7,818 > ttabel 5% = 3,982, dan kompetensi keterampilan diperoleh thitung = 4,218 > ttabel 5% = 3,982. (2) Gaya belajar siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik memberikan pengaruh lebih tinggi terhadap hasil belajar Mekanika Teknik kompetensi pengetahuan dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya belajar visual dengan nilai uji hipotesis motivasi belajar diperoleh thitung = 12,368 > ttabel 5% = 3,982. (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap hasil belajar Mekanika Teknik kompetensi sikap diperoleh thitung = 4,602 > ttabel 5% = 3,982

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jptk.v19i2.10994

Article Metrics

Abstract view : 163 times
PDF - 243 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.