Kualitas Dosen dalam Pembimbingan Skripsi Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan

Harun Sitompul, Rosnelli Rosnelli, Eka Daryanto, Nathanael Sitanggang, Dadang Mulyana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pembimbing skripsi mahasiswa oleh dosen pembimbing di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Penelitian ini merupakan penelitian survey eksploratif terhadap kinerja dosen pembimbing skripsi, sebagai bahan masukan untuk pengembangan pedoman penulisan skrpsi dan upaya peningkatan kualitan pembimbingan skripsi. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang sedang dalam pembimbingan skripsi dan alumi. Alat pengumpul data menggunakan angket penilaian kinerja dosen dalam pembimbingan skripsi. Jumlah sampel yang telibat sebanyak 269 responden. Teknik analisis data digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ketersediaan buka pedoman penulisan skripsi sangat membantu kelancaran pelaksanaan pembimbingan baik bagi dosen maupun mahasiswa, (2) Pola pembimbingan secara umum telah dilaksanakan secara rutin dan terjadwal melalui kegiatan tatap muka, korespondensi, dan melaui email, (3) Hasil analisis data dari tiga aspek penilaian diketahui bahwa aspek kedisiplinan sebesar 74% dalam kategori cukup disiplin, aspek kompetensi profesionalisme dosen sebesar 77% dalam kategori cukup kompeten, dan aspek kompetensi sosial dan kepribadian sebesar 66% dalam kategori cukup kompeten. Rekomendasi yang disampaikan adalah perlunya komitmen jadwal pelaksanaan pembimbingan sehingga masing-masing memiliki tanggung jawab untuk melakukan kegiatan pembimbingan secara terjadwal.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jptk.v20i1.11041

Article Metrics

Abstract view : 411 times
PDF - 1236 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.