Pengaruh Metode Demonstrasi Dan Metode Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik di SMK Di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar mengoperasikan system pengendali elektromagnetik (MASPEM) pada siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran demonstrasi dan siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran ekspositori di smk n 1 lubuk pakam tahun pengajaran 2014-2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental, yang mana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalaha seluruh siswsa kelas XI program keahlian teknik instalasi tenaga listrik ITITL), berjumlah 2 kelas, kelas eksperimen berjumlah 35 orang dan control berjumlah 33 orang, dan total subjek yang akan diteliti sebanyak 68 siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh perbedaan hasil belajar MASPEM pada kompetensi dasar Memahami prinsip kerja pengoperasian system kendali elektromagnetik. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada Kelas eksperimen 78,857 dan Kelas kontrol sebesar 69.09. Untuk menguji normalitas data digunakan uji liliefors pada taraf signifikasni 95% dan taraf nyata (α) sebesar 0,05. Uji normalitas pada Kelas eksperimen diperoleh Lhitung sebesar 0,045 dan Ltabel sebesar 0,149 karena Lhitung < Ltabel atau 0,045 < 0,149 maka data instrument pada kelas eksperimen pada kategori normal, dan Uji normalitas pada Kelas kontrol diperoleh Lhitung sebesar 0,011 dan Ltabel sebesar 0,154 maka data instrument pada kelas kontrol pada kategori normal. Uji Homogenitas F sebesar 1,115 dan Ft sebesar 1,837,karena Fhitung < Ftabel maka seluruh varian homogen. Dengan pengujian hipotesis menggunkan uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukan bahwa terdapat perbandingan hasil pembelajaran pada siswa yang diajar metode demonstrasi dilihat dari thitung 2.051 yang lebih besar dari ttabel 1,671
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jptk.v20i1.11044
Article Metrics
Abstract view : 253 timesPDF - 1069 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.