Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (T.A.I) Dalam Pembelajaran Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Rangkaian Logika Dasar

Irma Agustina Manalu, Marsangkap Silitonga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mendeskripsikan rangkaian logika dasar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI), dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Medan tahun pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian sebanyak lima kelas dan diambil dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X1  dan X2  masing-masing sebanyak 29  siswa. Metode penelitian adalah eksperimen dengan rancangan “Randomized Control Group Posttest Only Design”. Data penelitian dijaring dengan tes menggunakan instrument berbentuk tes objektif pilihan berganda. Instrumen tes digunakan setelah melalui ujicoba untuk mengetahui validitasnya dan reliabilitasnya. Setelah melalui ujicoba diperoleh sebanyak 25 butir tes yang valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,625. Hipotesis penelitian diuji dengan analisis statistik uji-t, yang digunakan setelah memenuhi uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.Hasil belajar mendeskripsikan rangkaian logika dasar siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe TAI memiliki nilai rata-rata 89,6 sedangkan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata 79,1. Dengan menggunakan analisis  statistik uji-t disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model konvensional.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jptk.v20i1.11045

Article Metrics

Abstract view : 272 times
PDF - 276 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.