Penerapan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pengetahuan Dasar Teknik Bangunan Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi Tahun Ajaran 2012/2013

Rustam Efendi Tambunan, Edim Sinuraya

Abstract


ABSTRAK: Penelitian bertujuan ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pengetahuan Dasar Teknik Bangunan (PDTB) siswa kelas X di SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi dengan menerapkan Media Powerpoint. Subjek penelitian adalah siswa kelas X program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Merdeka T.A 2012/ 2013 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang, metode penelitian ini bersifat deskriptif.
Sebelum penelitian dilakukan terlebih dahulu tes belajar PDTB di uji cobakan dilanjutkan uji validitas dan reabilitas. Perhitungan uji validitas butir digunakan rumus Biserial dan uji reabilitas digunakan K-R 20. Butir tes dikatakan valid apabila rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5%. Dengan hasil tes digunakan 15 soal dengan nilai r11=0,61 maka reliabilitas soal adalah tinggi untuk siklus I dan 20 soal dengan nilai r11=0,74 maka reliabilitas soal adalah tinggi untuk siklus II. Hasil penelitian siklus I aktivitas belajar siswa belum meningkat, tetapi setelah dilakukan siklus II aktivitas siswa meningkat. Dimana aktivitas siswa pada siklus I dengan kategori Tidak Baik sebanyak 10 siswa, Kurang Baik sebanyak 9 siswa, Cukup Baik sebanyak 8 siswa, Baik sebanyak 3 siswa, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu untuk kategori Tidak Baik , Kurang Baik tidak ada, Cukup Baik dari 9 siswa menjadi 7 siswa, Baik dari 7 siswa menjadi 21 siswa dan Sangat Baik dari nol menjadi 4 siswa.
Hasil penelitian PDTB siswa siklus I nilai rata-rata hasil belajar PDTB siswa adalah 62 dengan keterangan siswa tidak kompeten 6 orang, kurang kompeten 11 orang, cukup kompeten 8 orang, kompeten 5 orang, dan yang sangat kompeten tidak ada. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar PDTB siswa meningkat menjadi 81 dengan keterangan siswa yang sangat kompeten 6 orang, kompeten 17 orang, cukup kompeten 5 orang, sudah tidak ada siswa yang kurang kompeten dan tidak kompeten. Maka peningkatan hasil belajar mencapai 19%.
Dari data-data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dengan menerapkan media powerpoint.

Kata Kunci : Powerpoint, Aktivitas, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jptk.v16i2.4625

Article Metrics

Abstract view : 346 times
PDF - 386 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.