STUDI KOMPARASI PERCEIVE MOTIVATION ARCS MODEL BERDASARKAN PERBEDAAN SPATIAL ABILITY MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN MESIN-MESIN LISTRIK BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF
Abstract
Abstrak : Studi ini menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis multimedia interaktif terhadap perceive motivation bagi mahasiswa yang berbeda spatial ability. Penelitian dilakukan dalam mata kuliah Mesin Listrik, menggunakan kuasi eksperimen. Kelompok mahasiswa dengan spatial ability tinggi (H-SA) sebanyak 24 orang dan spatial ability rendah (L-SA) sebanyak 28 orang. Analisis data menggunakan statistik komparasi One-way Anova pada taraf α=0,05. Hasil penelitian menemukan bahwa pembelajaran berbasis multimedia interaktif dalam mata kuliah Mesin Listrik mendapatkan respon positif dari mahasiswa yaitu dengan mean skor perceive motivation 148,77 di atas mean skor ideal 90. Namun komparasi berdasarkan tingkat spatial ability mahasiswa, terbukti kelompok mahasiswa H-SA memiliki perceive motivation lebih rendah dibandingkan kelompok mahasiswa L-SA. Ini bermakna bahwa mahasiswa L-SA lebih membutuhkan multimedia pembelajaran interaktif dibandingkan dengan mahasiswa H-SA. Penelitian merekomendasikan bagi mahasiswa L-SA sebaiknya menggunakan multimedia interaktif agar proses pembelajaran berlangsung kondusif dan motivasi tinggi yang pada akhirnya akan meningkatkan capaian belajar.
Kata kunci :multimedia, perceive motivation, spatial ability
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jptk.v17i2.4636
Article Metrics
Abstract view : 205 timesPDF - 155 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.