PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR MENGAIT PADA SISWA TATA BUSANA SMK NEGERI 8 MEDAN

Flora Hutapea, Nur Asmah Purba

Abstract


Abstrak : Tujuanan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar mengait yang tidak diberi media pembelajaran video dan untuk mengetahui hasil belajar mengait yang diberi media pembelajaran video pada siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan yang telah dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2013/2014, SMK Negeri 8 Medan, dengan jumlah populasi sebanyak 4 kelas (140 siswa). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimensemu (Quasi Experiment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar mengait siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 8 Medan pada kelas Eksperimen kategori cukup siswa yaitu 40%. Tingkat kecenderungan hasil belajar mengait pada kelas kontrol kategori kurang yaitu 29%. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus chi-kuadrat pada taraf signifikan 5% dengan dk= 35, diperoleh hasil belajar Mengait kelas Eksperimen berdistribusi nomal, karena Xhit<Xtab (-33,53<11,070) dan kelas Kontrol berdistribusi normal, karena Xhit<Xtab (-26,22<11,070). Sedangkan uji homogenitas, diperoleh Fhit<Ftal yaitu 1,05 < 2,65 sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogen).
Hasil uji hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 8,07 sedangkan nilai tab pada taraf signifikansi 5% dengan n 68 = sebesar 1,67. Dengan demikian thit>ttab (8,07>1,67). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis video Terhadap Hasil Belajar Mengait pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 8 Medan.

Kata Kunci : Media Video dan Hasil Belajar Mengkait


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jptk.v17i1.4814

Article Metrics

Abstract view : 722 times
PDF - 1967 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot