IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT KELISTRIKAN PADA SISWA KELAS XII SMK MUHAMMADIYAH 9 MEDAN

Cheppy Permana Darmila, Hidir Efendi

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran mata diklat kelistrikan dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terdapat pada siswa kelas XII Teknik Mekanik Otomotif SMK Muhammadiyah 9 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research).Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Muhammadiyah-9 Medan sebanyak 21 orang. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi merangkai lampu kota dan lampu kepala serta merangkai lampu tanda belok dan hazard 2014/2015.
Berdasarkan hasil analisis data hasil tes I diperoleh 9 siswa (42,85%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 12 siswa (57,14%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 68,71. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes II diperoleh 19 siswa (90,47%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 2 siswa (9,52%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 87.71. Jika dibandingkan data dari siklus I dan siklus II maka diperoleh nilai rata-rata pada 9 siswa disiklus I bertambah sebanyak 10 siswa disiklus II menjadi 19 siswa, sedangkan siswa yang tidak tuntas dalam belajar berkurang dari 12 siswa yang tidak tuntas di siklus I menjadi 2 siswa di siklus II.
Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kemampuan pada materi merangkai lampu kota dan lampu kepala serta merangkai lampu tanda belok dan hazard.

Kata kunci : Hasil belajar kelistrikan, model pembelajaran project based learning, penelitian tindakan kelas


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jptk.v17i1.4820

Article Metrics

Abstract view : 342 times
PDF - 271 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.