PENGEARUH PERSEPSI GURU TENTANG KECERDASAN EMOSIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NEGERI KOTA MEDAN
Abstract
Abstrak : Persepsi Guru tentang Kecerdasan Emosional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Populasi penelitian adalah guru-guru SMK Negeri Kota Medan sebanyak 328 orang. Sampel penelitian sejumlah 76 orang yang diambil secara Stratified Proportional Random Sampling. Metode penelitian adalah kuantitatif jenis deskriptif studi korelasional. Instrumen pengumpulan untuk semua variabel menggunakan angket berskala Likert.
Untuk mengumpulkan data digunakan angket. Untuk persyaratan analisis dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, digunakan teknik korelasi sederhana. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara : persepsi guru tentang kecerdasan emosional kepala sekolah terhadap kinerja guru, korelasi rhitung > rtabel (0,397 > 0,227) dan thitung > ttabel (3,720 > 1,67), maka dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara persepsi guru tentang kecerdasan emosional kepala sekolah terhadap kinerja guru dapat diterima dan diuji kebenarannya.
Kepala sekolah disarankan untuk memperbaiki kecerdasan emosional untuk mengambil kebijakan, sehingga semua kebijakan dapat mengurangi masalah yang muncul dalam manajemen sekolah.
Kata kunci : persepsi, kecerdasan emosional, kinerja
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jptk.v17i1.4822
Article Metrics
Abstract view : 210 timesPDF - 221 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.