KONTRIBUSI PENGGUNAAN PERALATAN UKUR TANAH TERHADAP HASIL BELAJAR SURVEY DAN PEMETAAN SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 BINJAI

Lia Hardina Harahap, Mr Kristian

Abstract


ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi Penggunan Peralatan Ukur Tanah terhadap Hasil Belajar Survey dan Pemetaan pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah sampel 26 orang.
Data penelitian variabel Penggunaan Peralatan Ukur Tanah (X) dijaring dengan angket, dan Hasil Belajar Survey dan Pemetaan (Y) dijaring dengan tesBerdasarkan uji coba instrumen didapat hasil : (1) variabel Penggunaan Peralatan Ukur Tanah (X) 28 soal valid, reliabilitas sangat tinggi sebesar 0,869 pada taraf signifikansi 5%. (2) Hasil Belajar Survey dan Pemetaan (Y) 25 soal yang valid, reliabilitas yang sangat tinggi sebesar 0,875 pada taraf signifikansi
5%.Uji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov masing-masing variabel penelitian didapat hasil sebagai berikut : (1) variabel Penggunaan Peralatan Ukur Tanah (X) signifikan 0,195 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. (2) Hasil Belajar Survey dan Pemetaan (Y) signifikan sebesar 0,200 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%.
Hasil uji masing-masing variabel penelitian didapat hasil : (1) persamaan regresi sederhana Y atas X1 yaitu Ŷ = 13,666+3,17X, uji kelinieran persamaan regresi sederhana Y atas X1 yaitu Fhit = 16,002 > Ftab = 4,26 mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%.Hasil analisis korelasi antar variabel didapat hasil : (1) Penggunaan Peralatan Ukur Tanah (X) terhadap hasil belajar Survey dan Pemetaan (Y) yaitu rhit = 0,633 > rtab = 0,388 menunjukkan korelasi yang berarti pada taraf signifikasi5%.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh terdapat korelasi yang berarti antara Penggunaan Peralatan Ukur Tanah (X) terhadap hasil belajar Survey dan Pemetaan (Y).

Kata Kunci : Penggunaan Peraltan Ukur Tanah, Hasil Belajar Pengukuran Survey dan Pemetaan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jptk.v17i1.4825

Article Metrics

Abstract view : 1458 times
PDF - 5408 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.