EVALUASI PEMBELAJARAN PRAKTEK SENI KRIYA PAYET SARUNG BANTAL KURSI PADA PROGRAM STUDI TATA BUSANA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Abstract
ABSTRAK
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan menggunakan skala Likert dimodifikasi dengan indikator pengukuran skala efektifitas model yang telah dirancang dan telah diterapkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana “Evaluasi Pembelajaran Praktek Seni Kriya Payet Sarung Bantal Kursi Pada Program Studi Tata Busana Universitas Negeri Medan”. Analisis data menunjukkan bahwa 1) Konsep Perancangan Seni Kriya Payet sarung bantal kursi Pada Program Studi Tata Busana Unimed dengan persentase 71%. 2) Prinsip-Prinsip Desain Pada Kreasi Motif Khas Sumatera Utara pada pembelajaran praktik seni kriya dengan presentase 71%. 3) Sketsa Gambar Motif masuk kategori sedang dengan presentasi 77 %. 4) Kertas Gambar untuk Master Desain motif Sumatera Utara termasuk kategori sedang dengan presentasi 75%. 5) Pewarnaan Pada Master Desain masuk katergori tinggi dengan presentasi 80%. 6) hasil Gambar Motif Kreasi Sumatera Utara pada Bahan Dasar Kain termasuk kategori sedang dengan presentase 75%. 7) Material Dasar Kain Pada Pembuatan Kriya Tekstil Payet masuk ketegori sangat sedang dengan presentasi 76%. 8) Bahan Payet Pada Pembuatan Kriya Tekstil Sumatera Utara termasuk kategori tinggi dengan presentase 81%. 9) Pengaplikasian Jenis-Jenis Payet Pada Bahan Dasar Kain termasuk kategori sangat tinggi dengan presentase 81%. Dan 10) Hasil Kreatifitas Mahasiswa Pembuatan Prodak kriya payet Sarung Bantal Kursi kategori tinggi dengan presentase 84%. Maka pengembangan pembelajaran praktek seni kriya payet pada lenan rumah tangga khususnya sarung bantal baik untuk mahasiswa guna mempersiapkan keterampilan dan pengetahuan dalam berwirausaha membuka lapangan kerja, seperti home industri.
Keywords: Pembelajaran, Praktek, Seni Kriya Payet, Sarung Bantal Kursi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jptk.v19i1.7152
Article Metrics
Abstract view : 478 timesPDF - 801 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.