PENGARUH MEREK DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DVD PLAYER ELECOR PADA PT. CAKRAWALA ELECORINDO MEDAN

Ina Namora Putri Siregar, Elisabeth Natalia

Abstract


PT.Cakrawala Elecorindo merupakan salah satu perusahaan yang menjual produk Elecor di kota Medan. Permasalahan yang terjadi adalah keputusan pembelian yang semakin menurun, merek yang kurang dikenal oleh masyarakat, dan personal selling tidak memahami produk yang akan dijual. Berdasarkan uraian singkat tersebut, maka dirumuskan masalah sebagai berikut bagaimana pengaruh merek dan personal selling terhadap keputusan pembelian produk dvd player Elecor pada PT.Cakrawala Elecorindo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Manajemen Pemasaran, yang berkaitan dengan Merek, Personal Selling dan Keputusan Pembelian. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian adalah penelitian deskriptif, sifat penelitian adalah deskriptif explanatory. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner, dan observasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Populasi adalah seluruh pelanggan PT.Cakrawala Elecorindo yang berjumlah 100 toko. Penentuan jumlah sampel menggunakan sampel jenuh dimana 30 toko untuk uji validitas dan uji reliabilitas. 70 toko untuk uji responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa merek dan personal selling secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian DVD player Elecor pada PT.Cakrawala Elecorindo. Merek dan personal selling memberikan informasi yang dibutuhkan sebesar 38,4% dalam keputusan pembelian produk DVD player Elecor pada PT. Cakrawala Elecorindo dan sisanya sebesar 61,6% dijelaskan oleh kualitas produk, harga, dan lain sebagainya.

 

Keywords : Merek, Personal Selling, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v7i2.10754

Article Metrics

Abstract view : 461 times
PDF - 2578 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
NIAGAWAN is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.