PENGARUH MEREK DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DVD PLAYER ELECOR PADA PT. CAKRAWALA ELECORINDO MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v7i2.10754Abstract
PT.Cakrawala Elecorindo merupakan salah satu perusahaan yang menjual produk Elecor di kota Medan. Permasalahan yang terjadi adalah keputusan pembelian yang semakin menurun, merek yang kurang dikenal oleh masyarakat, dan personal selling tidak memahami produk yang akan dijual. Berdasarkan uraian singkat tersebut, maka dirumuskan masalah sebagai berikut bagaimana pengaruh merek dan personal selling terhadap keputusan pembelian produk dvd player Elecor pada PT.Cakrawala Elecorindo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Manajemen Pemasaran, yang berkaitan dengan Merek, Personal Selling dan Keputusan Pembelian. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian adalah penelitian deskriptif, sifat penelitian adalah deskriptif explanatory. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner, dan observasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Populasi adalah seluruh pelanggan PT.Cakrawala Elecorindo yang berjumlah 100 toko. Penentuan jumlah sampel menggunakan sampel jenuh dimana 30 toko untuk uji validitas dan uji reliabilitas. 70 toko untuk uji responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa merek dan personal selling secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian DVD player Elecor pada PT.Cakrawala Elecorindo. Merek dan personal selling memberikan informasi yang dibutuhkan sebesar 38,4% dalam keputusan pembelian produk DVD player Elecor pada PT. Cakrawala Elecorindo dan sisanya sebesar 61,6% dijelaskan oleh kualitas produk, harga, dan lain sebagainya. Keywords : Merek, Personal Selling, Keputusan PembelianDownloads
Published
2018-07-31
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0