ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA DALAM MEMILIH JURUSAN

Ivo Selvia Agusti, Pasca Dwi Putra

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Yang menjadi populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Kependidikan angkatan 2014 yang berjumlah 376 orang dan mahasiswa Non-Kependidikan angkatan 2014 yang berjumlah 222 orang dan jumlah yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 89 orang yang diambil dengan teknik proporsional random sampling, berdasarkan pendapat Arikunto diambil 15% dari jumlah populasi sehingga mahasiswa Kependidikan 56 orang dan mahasiswa Non-Kependidikan 33 orang. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam memilih jurusan kependidikan dan non-kependidikan. Angket ini diuji cobakan kepada 20 orang responden diluar sampel dengan menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis distribusi frekuensi dan hipotesis secara parsial (Uji t) dan simultan (Uji F).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang mempengaruhi minat mahasiswa memilih memilih jurusan Kependidikan 69,5%, faktor eksternal yang mempengaruhi minat mahasiswa memilih memilih jurusan Kependidikan 65,6%, faktor internal yang mempengaruhi minat mahasiswa memilih jurusan Non-Kependidikan 70,4%, faktor eksternal yang mempengaruhi minat mahasiswa memilih memilih jurusan Non-Kependidikan 68,8%.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor internal lebih dominan dalam mempengaruhi minat pemilihan jurusan Kependidikan dan Non-Kependidikan dan faktor eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pemilihan jurusan Kependidikan dan Non-Kependidikan. Jadi faktor internal dan eksternal secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pemilihan jurusan Kependidikan dan Non-Kependidikan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2014 Universitas Negeri Medan.

 

Keywords: Minat, Pemilihan Jurusan, Kependidikan, Non-kependidikan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v7i2.10755

Article Metrics

Abstract view : 2095 times
PDF - 2700 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
NIAGAWAN is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.