UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE NHT DIKELAS X AK 1 SMK NEGERI 7 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v7i3.11601Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 7 Medan pada Pembelajaran Persamaan Dasar Akuntansi dengan menggunakan metode kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT).Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan yang dilaksanakan pada bulan September 2015 dengan populasi dan sampel dari penelitian ini adalah kelas X AK 1 di SMK Negeri 7 Medan yang berjumlah 39 orang. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah test essay atau uraian yang berbentuk test baku dan observasi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada tiap siklus, dimana pada saat kondisi awal Hasil post test dan ulangan harian tercatat 56,41 % atau 22 orang siswa tuntas dan 17 siswa atau 43,58 % belum tuntas. KKM mata pelajaran Siklus akuntansi kelas X SMK Negeri 7 Medan adalah 70. Keadaan ini mengalami peningkatan pada postes-1 (siklus-1) tercatat 32 siswa (82.05 %) dari 39 siswa kelas X-AK-1 SMK Negeri 7 Medan, hasil belajarnya tuntas, dan kembali meningkat saat postes-2 (siklus-2) dengan hasil yang memuaskan yaitu tercatat, 38 atau 97,43 % siswa dapat melakukan pencatatan transaksi ke Persamaan Dasar Akuntansi secara benar dan akurat, sehingga secara klasikal kelas tersebut dinyatakan telah tuntas dalam belajar karena telah memenuhi standar minimal 85% dari keseluruhan siswa yang tuntas belajar secara individual. Berdasarkan hasil deskripsi data penelitian pada kedua siklus tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) melalui alur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Penerapan metode kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), Peningkatkan Hasil BelajarDownloads
Published
2018-11-30
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0