PENINGKATAN KOMPETENSI GURU KELAS MELALUI MENGEMBANGKAN SILABUS DAN MENYUSUN RPP DENGAN STANDAR PROSES
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v8i2.14256Abstract
Belajar mengajar merupakan suatu proses pencipta kondisi belajar dimana guru bertanggung jawab terhadap pendidikan siswanya. Oleh sebab itu guru sebaiknya memiliki tingkat kompetensi yang baik dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengajar baik itu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Yang termasuk di dalam kompetensi tersebut adalah bagaimana seorang guru mampu menembangkan Silabus dan RPP sesuai dengan standar proses yang telah di tentkan oleh pemerintah melalui peraturan permendikbud Nomor 22 tahun 2016. Dengan adanya kompetensi tersebut diharapkan guru dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih baik, sehingga hasil belajar yang diharapkan berupa pencapaian yang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan kompetensi guru kelas dalam mengembangkan silabus dan RPP sesuai dengan standar proses. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 2 siklus, setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu rancangan, kegiatan, dan pengamatan refleksi dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah seluruh guru kelas di SD Negeri 066655 Kec. Medan sunggal Kata Kunci : Kompetensi Guru, Mengembangkan Silabus, Menyusun RPPDownloads
Published
2019-07-31
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0