PERAN EKOWISATA DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT (STUDI KASUS : HUTAN MANGROVE KUALA LANGSA)

Puti Andiny, Safuridar Safuridar

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan karakter produk dan pasar ekowisata yang berbasis masyarakat di kawasan hutan mangrove Kuala Langsa yang dapa digunakan untuk community based ecotourism dan mengkaji sejauh mana ekowisata berpengaruh dalam menggerakan peran serta masyarakat dan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat di Kuala Langsa. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kuisioner yang diberikan kepada 100 orang responden. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif pada program komputer akan dapat ditampilkan deskripsi statistik berupa nilai rata-rata (mean), simpangan baku (standard devviation) dan frekuensi jawaban untuk setiap variabel. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa dari parameter aksesibilitas dan fasilitas yang memberikan dampak positif promosi tentang ekowisata hutan mangrove melalui media sosial dengan mean 3,88 dengan standar deviasinya 0,53711, sedangkan dampak yang tidak berpengaruh yaitu terdapat festival budaya setempat yang sangat menarik dengan mean 1,19 dengan standar deviasinya 0,39428. Dari sini terlihat bahwa karakter dan kondisi produk serta pasar ekowisata yang berbasis masyarakat masih kurang memunculkan karakternya.

 

Kata Kunci : Pasar Ekowisata, Community Based Ecotourism.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v8i2.14260

Article Metrics

Abstract view : 1020 times
PDF - 1777 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 NIAGAWAN



NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0