PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v8i3.15573Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, (2) mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa, (3) mengetahui besarnya pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar dalam menunjang prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMAN 1 Babalan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Babalan yang berjumlah 79 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik total sampling, yaitu mengambil seluruh populasi sebagai sampel penelitian, yaitu berjumlah 79 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, dokumentasi dan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda dan menggunakan uji hopotesis secara parsial (uji t) dan secara simultan (uji f) serta menggunakan koefisien determinasi. Sebelum dilakukan uji analisis maka dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan kolmogorov smirnov, uji multikolinieritas, dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan prestasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 Babalan dalam kategori cukup. Pengujian terhadap hipotesis secara parsial dengan taraf signifikan 5%, untuk variabel motivasi belajar (X1) menunjukkan nilai thitung sebesar 1,090 dan nilai ttabel sebesar 1,991 maka diperoleh thitung < ttabel ( 1,090 < 1,991) maka Ha ditolak Ho diterima, untuk variabel disiplin belajar (X2) menunjukkan nilai thitung sebesar 4,062 dan nilai ttabel sebesar 1,991 maka diperoleh thitung > ttabel (4,062 > 1,991) maka Ho ditolak dan Ha diterima.. Pengujian hipotesis secara simultan dengan taraf signifikan 5% menunjukkan nilai fhitung sebesar 15,743 dan nilai ftabel sebesar 3,12 maka diperoleh fhitung > ftabel (15,743 > 3,12) maka Ho ditolak Ha diterima, dan koefisien determinasi (adjusted R square) sebesar 0,450 atau 45%, dimana hal ini menunjukkan bahwa besarnya sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar adalah sebesar 45%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Tidak ada pengaruh positifdan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. 2. Ada pengaruh positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa. 3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 Babalan. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Prestasi BelajarDownloads
Published
2019-11-30
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0