PENGARUH MATA KULIAH EKONOMI SYARIAH DAN UANG SAKU TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF

Authors

  • Noni Rozaini Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan
  • Siti Nurmala Harahap Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/niaga.v8i3.15581

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah œtingginya perilaku konsumtif mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mata kuliah ekonomi syariah dan uang saku terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 yang tinggal jauh dari orang tua (kost) yang berjumlah 83 mahasiswa dengan 83 mahasiswa sebagai sampel penelitian. Teknik  sampling yang digunakan adalah teknik total sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dokumentasi dan angket.Uji validitas angket dengan menggunakan rumus product moment pearson, dan reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data penelitian adalahKoefisien Determinasi (R2)dan regresi linier berganda untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t dan uji f.Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y=108,703- 0,521X1+0,266 X2 + e. Selanjutnya koefisien determinasi (R2)  0,113  yang artinya adalah sebesar 11,3% variabel X1 dan X2 dapat menjelaskan perilaku konsumtif mahasiswa (Y) dan sisanya sebesar 88,7% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak di kaji dalam penelitian ini. Berdasarkan uji t diperoleh bahwa masing-masing variabel X1 terdapat pengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa (Y) dengan nilai thitung<ttabel (-2,314<1,989) dan ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel X2 terhadap perilaku konsumtif mahasiswa (Y) dengan nilai thitung>ttabel (2,131>1,989). Sedangkan uji f diperoleh hasil bahwa ada pengaruh dan signifikan mata kuliah ekonomi syariah (X1) dan uang saku (X2) terhadap perilaku konsumtif mahasiswa (Y) dengan nilai fhitung>ftabel(5,081>3,11) dan nilai signifikansi α sebesar  (0,008<0,05). Kata kunci : Mata Kuliah Ekonomi Syariah, Uang Saku, Perilaku Konsumtif

Downloads

Published

2019-11-30