PLURALISME EKONOMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v8i3.15583Abstract
Kemampuan berfikir kritis merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa guna mempersiapkan mereka ikut berpartisipasi dalam kehidupan sosial dan ekonomi setelah kelulusannya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kritis mahasiswa dalam melakukan analisis keanekaragaman perspektif teoritis ekonomi akibat dari proses kegiatan pembelajaran yang bersifat monis, yaitu mengajarkan ekonomi dari satu perspektif ekonomi saja yaitu ortodoks. Sistem pembelajaran yang bersifat monis seperti ini hanya menyentuh nilai dan teori-teori ortodoksi ekonomi yang jauh dari ekonomi dunia nyata sehingga tidak mampu meningkatkan keterlibatan aktif dan kritis mahasiswa. Dampaknya tentu saja pada capaian pembelajaran yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis mahasiswa dalam memahami keanekaragaman perspektif teoritis ekonomi melalui pluralisme ekonomi yaitu mengajarkan ekonomi melalui berbagai perspektif yang ada tidak hanya perspektif ortodoks tetapi juga perspektif heterodoks. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan, penulis menggunakan metode tes dan wawancara dan data dianalisis dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan: (1) 90,8% mahasiswa telah mencapai indikator menganalisis argument. (2) 88,3% mahasiswa telah mencapai indikator mengevaluasi informasi. (3) 86,7% mahasiswa telah mencapai indikator mensintesis bukti. (4) 86,7% mahasiswa telah mencapai indikator menarik kesimpulan. Hambatan yang dihadapi mahasiswa ketika dilakukan wawancara adalah beberapa mahasiswa bingung dengan beberapa perspektif yang berbeda serta kesalahan informasi dan gambar yang tidak sesuai dengan soal. Kata Kunci : Ortodoks, Heterodoks, Pluralisme Ekonomi, Berfikir KritisDownloads
Published
2019-11-30
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0