PENGARUH SELF REGULATED LEARNING DAN KARAKTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v9i1.17651Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya self regulated learning dan karakter pada mahasiswa yang berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh self regulated learning dan karakter terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Bisnis stambuk 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan dengan populasi seluruh mahasiswa prodi Pendidikan Bisnis stambuk 2017 yang berjumlah 90 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan kuesioner/angket. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan software SPSS 20 for windows. Teknik analisis data yang di gunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji regresi liner berganda. Uji hipotesis menggunakan uji t, uji F, dan uji Koefisien determinasi. Dari hasil uji t menunjukkan bahwa self regulated learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan thitung>ttabel = 4,563 > 1,663 dan nilai signifikani . Karakter berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar thitung>ttabel = 5,375 > 1,663 dan nilai signifikani . Hasil uji F menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara self regulated learning dan karakter terhadap prestasi belajar dengan nilai dan nilai Sig. < 0,05 . Hasil perhitungan regresi linier berganda diperoleh hasil dengan koefisien determinasi sebesar 43,6%. Kata Kunci : Self Regulated, Learning,Karakter, Prestasi BelajarDownloads
Published
2020-03-31
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0