PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PRESTASI AKADEMIK TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA STAMBUK 2016 PENDIDIKAN BISNIS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v9i1.17657Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya efikasi diri yang menjadi penyebab mahasiswa tidak siap menjadi seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Efikasi Diri dan Prestasi Akademik terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Stambuk 2016 Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan di Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan, Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 96 mahasiswa. Sampel sebanyak 96 mahasiswa diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Sebelum digunakan angket diuji terlebih dahulu. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa angket tersebut valid dan reliabel. Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi Y™=41,102 + 0,242 X_1 + 0,205 X_2 + e bahwa baik secara parsial maupun simultan variabel bebas (Efikasi Diri dan Prestasi Akademik) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Stambuk 2016 Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Hal ini ditandai dengan dengan thitung > ttabel dimana hasil uji t pada variabel Efikasi Diri (X1) sebesar 2,380 lebih besar dari ttabel sebesar 1,665 dan pada variabel Prestasi Akademik (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 1,738 lebih besar dari ttabel sebesar 1,665, dan hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel (5,843 > 3,09). Kata Kunci : Efikasi Diri, Prestasi Akademik dan Kesiapan Menjadi GuruDownloads
Published
2020-03-31
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0