Pengaruh Pola Komunikasi Orang Tua Tunggal Dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.

Authors

  • Tia Tianisa Hutasuhut

DOI:

https://doi.org/10.24114/niaga.v9i3.19396

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pola komunikasi orang tua tunggal dan kelompok teman sebaya yang tidak baik mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk Pengaruh Pola Komunikasi Orang Tua dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019 / Tahun 2020 terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI Pemasaran 1 dan XI Pemasaran 2 dengan jumlah 33 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan Teori Arikunto dengan teknik sampel yaitu Total Sampling. Teknik data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Adegan pengaruh yang negatif dan signifikan antara Pola Komunikasi Orang Tua Tunggal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai thitung> ttabel (2,696> 2,042) dan nilai signifikan α (0,011 <0,05). (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kelompok Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai thitung> ttabel (2,593> 2,042) dan nilai signifikan α (0,014 <0,05) . (3) Terdapat pengaruh signifikan antara Pola Komunikasi Orang Tua Tunggal dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai Fhitung> Ftabel (3,562> 3,32) dan nilai signifikan α (0 , 041 <0,05). Hasil regresi berganda linier yaitu Y = 85,461- 0,176X1 + 0,146X2. Hasil uji R2 sebesar 0,548 atau 54,8% sedangkan sisanya 45,2% oleh variabel lain. Dengan demikian dapat diabaikan bahwa terdapat pengaruh Pola Komunikasi Orang Tua Tunggal Dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.Kata Kunci: Pola Komunikasi Orang Tua Tunggal, Kelompok Teman Sebaya, Prestasi Belajar.

Downloads

Published

2020-11-13