Pengaruh Pola Komunikasi Orang Tua Tunggal Dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v9i3.19396Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah pola komunikasi orang tua tunggal dan kelompok teman sebaya yang tidak baik mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk Pengaruh Pola Komunikasi Orang Tua dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019 / Tahun 2020 terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI Pemasaran 1 dan XI Pemasaran 2 dengan jumlah 33 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan Teori Arikunto dengan teknik sampel yaitu Total Sampling. Teknik data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Adegan pengaruh yang negatif dan signifikan antara Pola Komunikasi Orang Tua Tunggal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai thitung> ttabel (2,696> 2,042) dan nilai signifikan α (0,011 <0,05). (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kelompok Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai thitung> ttabel (2,593> 2,042) dan nilai signifikan α (0,014 <0,05) . (3) Terdapat pengaruh signifikan antara Pola Komunikasi Orang Tua Tunggal dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai Fhitung> Ftabel (3,562> 3,32) dan nilai signifikan α (0 , 041 <0,05). Hasil regresi berganda linier yaitu Y = 85,461- 0,176X1 + 0,146X2. Hasil uji R2 sebesar 0,548 atau 54,8% sedangkan sisanya 45,2% oleh variabel lain. Dengan demikian dapat diabaikan bahwa terdapat pengaruh Pola Komunikasi Orang Tua Tunggal Dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.Kata Kunci: Pola Komunikasi Orang Tua Tunggal, Kelompok Teman Sebaya, Prestasi Belajar.Downloads
Published
2020-11-13
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0