Pengaruh Persepsi Tentang Koperasi, Pendidikan dan Latihan Dasar serta Motivasi Berkoperasi Terhadap Minat Berkoperasi Mahasiswa

Authors

  • Ria Rahma Yanti Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.24114/niaga.v9i3.19984

Abstract

Pemberitaan-pemberitaan yang didengar oleh masyarakat mengenai koperasi berdampak terhadap persepsi yang terbentuk dan akhirnya mempengaruhi minat berkoperasi secara umum. Gerakan koperasi pada tingkat pendidikan tinggi dikenal dengan Koperasi mahasiswa (KOPMA), dimana diberikan ruang dan kesempatan bagi mahasiswa dalam belajar menjalankan sebuah organisasi yang tidak hanya bergerak di bidang usaha namun juga non usaha yang dapat menambah pengalaman. KOPMA UNJ memiliki rangkaian program pendidikan dan pelatihan (diklat) diantaranya diklat dasar.Minat mahasiswa untuk bergabung dengan KOPMA menjadi sebuah dilema yang dihadapi para pengurus karena jumlah mereka yang ingin bergabung didominasi alasan untuk berjualan bukan mengenai koperasi. Penelitian dilakukan menggunakan metode regresi berganda dengan. Variabel persepsi tentang koperasi (X1), Pendidikan dan pelatihan dasar (X2) dan Motivasi berkoperasi (X3) terhadap minat berkoperasi (Y). Sampel penelitian sebanyak 61 mahasiswa yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan dasar yang diselenggarakan oleh Kopma UNJ. Hasil analisis dengan tingkat signifikansi 5% adalah Pendidikan dan pelatihan dasar serta motivasi berkoperasi mempengaruhi secara signifikan terhadap minat berkoperasi sedangkan persepsi tentang koperasi tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap minat berkoperasi. Keywords: Koperasi, Persepsi, Pendidikan dan pelatihan, Motivasi, Minat

Downloads

Published

2020-11-13