PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT.ASTRA INTERNATIONAL, Tbk TOYOTA AUTO 2000 BUMI SERPONG DAMAI

Cornelia Dumarya Manik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian pada PT. Astra International, Tbk-Toyota Auto 2000 cabang Bumi Serpong Damai.

 

Penelitian ini dilaksanakan di PT. Astra International, Tbk-Toyota Auto 2000 cabang Bumi Srpong Damai. Model penelitian yang digunakan yakni dengan metode observasi, wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, asosiatif dengan populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang melakukan service berkala pada PT. Astra International, Tbk-Toyota Auto 2000 cabang Bumi Serpong Damai, dalam waktu 5 (lima) tahun yaitu sebanyak 624 pelanggan. Metode penarikan sampel menggunakan rumus Slovin didapat sebanyak 86 responden. Metode analisis dalam pengolahan data adalah uji validitas dan reliabilitas, uji regresi linear sederhana, koefisien determinasi, uji hipotesis (uji-t), dan uji korelasi pearson product moment untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Yaris.

 

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil, bahwa terdapat pengaruh hubungan positif antara citra merek terhadap keputusan pembelian sebesar 0,602 sehingga adanya hubungan antara citra merek terhadap keputusan pembelian, dari hasil regresi lienar sederhana dapat dilihat persamaan yang bernilai y=16.546+0,583X. Yang memiliki arti bahwa variabel citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen, dari hasil uji determinasi sebesar 0,362. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 36,2% Keputusan Pembelian konsumen terhadap pembelian mobil Toyota Yaris dipengaruhi oleh variasi dari ketiga variabel independen, yaitu keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek, keunikan asosiasi merek, Sedangkam sisanya sebesar 63,8% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang

 

tidak diteliti. Hasil t hitung adalah 6,907 lebih besar dari t tabel yaitu 1,9886. Oleh karena itu t-hitung lebih kecil daripada t-tabel, maka H0 ditolak dan Ha≠0 diterima. Ini

 

menunjukkan bahwa antara pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian terdapat pengaruh yang signifikan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v10i1.20179

Article Metrics

Abstract view : 139 times
PDF - 248 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
NIAGAWAN is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.