KONTRIBUSI TINGKAT RELIGIUSITAS DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v10i1.21115Keywords:
Religiusitas, promosi, minat nasabahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kontribusi tingkat religiusitas dan promosi terhadap minat masyarakat menjadi nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah Nasabah PT. Bank BNI Syariah (Persero) Tbk Cabang Makassar. Jumlah sampel sebanyak 49 yang diperoleh dengan menggunakan Nonprobability sampling. Untuk mencapai tujuan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda SPSS Ver. 22. Nilai t-statistik memberikan bukti jika tingkat religiusitas yang dimiliki nasabah dan promosi yang dilakukan pihak manajemen bank terbukti memberikan kontribusi yang positif dan signifikan terhadap peningkatan minat masyarakat menjadi nasabah.References
Arsyidian, Mufti. (2019). Pengaruh Persepsi, Tingkat Religiusitas dan Disposable Income Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah di Perbankan Syariah. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Ali Muhson. (2012). Materi Pelatihan Analisis Statistik dengan SPSS. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses online pada tanggal 28 Februari 2017 pukul 07.18
Dayyan. Muhammad., Fahriansah, Juprianto. (2017). Analisis Minat Masyarakat Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus di Gampong Pondok Kemuning). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM). Vol.1 No.1.
Doni Marlius. (2016), Pengaruh Bauran Pemasaran Jas Terhadap Minat Masyarakat Dalam Menjadi Nasabah Pada Bank Nagari Cabang Muaralabuh, Jurmal. Vol. 03 No. 01, April pp.15.
Indriyo, Gitosudarmo. (2000). Manajemen Pemasaran edisi pertama. Yogyakarta: BPFE.
Kasmir. (2012). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Lucas,D.B. dan Britt, (1950). Advertising Psycology and Research, New York: McGraw-Hill
Maghfiroh, Sayyidatul. (2018). Pengaruh Religiusitas, Pendapatan dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah di Bank Syariah Pada Santri Pesantren Mahasiswi Darush Salihat. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Mangani, Ktut Silvanita. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Muhammad (2011). Manajemen Bank Syariah, Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN
Ningsih, Sri Ningsih. (2017). Pengaruh Persepsi, Tingkat Religiusitas dan Disposable Income Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah di Perbankan Syariah (Studi Pada Dosen UIN Raden Intan Lampung).
Olivia Firda Yuanita. (2017). Pengaruh Produk Kualitas Jasa, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah (Studi pada BMT Mandiri Sejahtera Cabang Pasar Kranji, Lamongan, Jawa Timur). Faukultas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0