KONTRIBUSI TINGKAT RELIGIUSITAS DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH

Herman Sjahruddin, Resky Ardiansyah, Orfiyanni Syarfetti Themba, Andi Tenriola

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji kontribusi tingkat religiusitas dan promosi terhadap minat masyarakat menjadi nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah Nasabah PT. Bank BNI Syariah (Persero) Tbk Cabang Makassar. Jumlah sampel sebanyak 49 yang diperoleh dengan menggunakan Nonprobability sampling. Untuk mencapai tujuan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda SPSS Ver. 22. Nilai t-statistik memberikan bukti jika tingkat religiusitas yang dimiliki nasabah dan promosi yang dilakukan pihak manajemen bank  terbukti memberikan kontribusi yang positif dan signifikan terhadap peningkatan minat masyarakat menjadi nasabah.


Keywords


Religiusitas, promosi, minat nasabah

Full Text:

PDF

References


Arsyidian, Mufti. (2019). Pengaruh Persepsi, Tingkat Religiusitas dan Disposable Income Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah di Perbankan Syariah. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Ali Muhson. (2012). Materi Pelatihan Analisis Statistik dengan SPSS. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses online pada tanggal 28 Februari 2017 pukul 07.18

Dayyan. Muhammad., Fahriansah, Juprianto. (2017). Analisis Minat Masyarakat Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus di Gampong Pondok Kemuning). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM). Vol.1 No.1.

Doni Marlius. (2016), Pengaruh Bauran Pemasaran Jas Terhadap Minat Masyarakat Dalam Menjadi Nasabah Pada Bank Nagari Cabang Muaralabuh, Jurmal. Vol. 03 No. 01, April pp.15.

Indriyo, Gitosudarmo. (2000). Manajemen Pemasaran edisi pertama. Yogyakarta: BPFE.

Kasmir. (2012). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Lucas,D.B. dan Britt, (1950). Advertising Psycology and Research, New York: McGraw-Hill

Maghfiroh, Sayyidatul. (2018). Pengaruh Religiusitas, Pendapatan dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah di Bank Syariah Pada Santri Pesantren Mahasiswi Darush Salihat. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Mangani, Ktut Silvanita. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Muhammad (2011). Manajemen Bank Syariah, Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN

Ningsih, Sri Ningsih. (2017). Pengaruh Persepsi, Tingkat Religiusitas dan Disposable Income Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah di Perbankan Syariah (Studi Pada Dosen UIN Raden Intan Lampung).

Olivia Firda Yuanita. (2017). Pengaruh Produk Kualitas Jasa, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah (Studi pada BMT Mandiri Sejahtera Cabang Pasar Kranji, Lamongan, Jawa Timur). Faukultas.




DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v10i1.21115

Article Metrics

Abstract view : 66 times
PDF - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
NIAGAWAN is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.