PENGARUH KONFLIK DAN ANALISA JABATAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. KALERINDO SEMESTA ABADI MEDAN

ina namora putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mencapai kinerja yang maksimal. Dalam mencapai tujuan tersebut maka perusahaan akan melakukan berbagai cara seperti memperbaiki sistem pengawasan dan menekan stres kerja. Konflik penting dijaga perusahaan karena akan berpengaruh terhadap kinerja akan lebih maksimal. Analisa jabatan juga perlu diperhatikan sehingga karyawan dapat bekerja tanpa beban sehingga kinerjanya dapat lebih maksimal. Berdasarkan uraian singkat tersebut, maka dirumuskan masalah sebagai berikut bagaimana pengaruh konflik dan stress kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Kalerindo Semesta Abadi Medan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, daftar pertanyaan dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Populasi adalah seluruh karyawan PT. Kalerindo Semesta Abadi Medan yang berjumlah 111 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh dimana 111orang dijadikan sampel penelitian.Hasil penelitian pada hipotesis menunjukkan bahwa konflik dan analisa jabatan secara serempak maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, dan konflik merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi kinerja karyawan dibanding analisa jabatan pada perusahaan ini. Kesimpulan penelitian ini adalah secara serempak dan parsial konflik dan analisa jabatan berpengaruh sangat signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Kalerido Semesta Abadi Medan.


Keywords


Keywords : Konflik, Analisa Jabatan, Kinerja

Full Text:

PDF

References


Badeni. 2014. Kepemimpinan & Perilaku Organisasi. Bandung : Alfabeta.

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Erlangga.

Darmawan, H. Didit. 2013. Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Surabaya : Pena Semesta.

Giovanni, Tamauka, Christoffel Kojo dan Victor P.K. Lengkong. 2015. Pengaruh Konflik Peran, Konflik Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Air Manado. Jurnal EMBA.

Kurniawan, Albert. 2014. Metode Riset Untuk Ekonomi & Bisnis : Teori, Konsep & Praktik Penelitian Bisnis (Dilengkapi Perhitungan Pengolahan Data Dengan IBM SPSS 22.0). Bandung : Alfabeta.

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Meryance, Yudi Rafani, dan Dini Pratiwi. 2014. Pengaruh Analisis Jabatan Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kota Pangkalpinang. Jurnal Ilmiah Progresif Manajemen Bisnis (JIPMB).

Nur, Saina. 2013. Konflik, Stres Kerja Dan Kepuasan Kerja Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pegawai Pada Universitas Khairun Ternate. Jurnal EMBA.

Rivai, H. Veithzal, Mansyur Ramly, Thoby Mutis dan Willy Arafah. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktik, Edisi Ke-3. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Siagian, Sondang P. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Sinambela, Lijan Poltak. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia : Membangun Tim Kerja Yang Solid Untuk Meningkatkan Kinerja. Jakarta : Bumi Aksara.

Siregar, Syofian. 2014. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual dan Aplikassi SPSS Versi 17. Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2015. Manajemen Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : CAPS.

Sutrisno, Eddy. 2013. Budaya Organisasi. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Umar, Husein. 2010. Desain Penelitian MSDM dan Perilaku Karyawan. Jakarta : Rajawali Press.

Yani, H.M. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Mitra Wacana

Media.




DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v10i1.23404

Article Metrics

Abstract view : 38 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
NIAGAWAN is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.