PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN TAPANULI TENGAH

Ferdinan Sihaloho

Abstract


Kinerja dapat diartikan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan, motivasi kerja dan pelatihan secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tapanuli Tengah. Jumlah populasi dan sampel sebanyak lima puluh dua orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan wawancara. Kuesioner terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kepemimpinan, motivasi kerja dan pelatihan secara bersama-sama (serempak) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai negeri sipil pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tapanuli Tengah. Secara parsial variabel kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Tanda positif pada koefisien regresi memberi arti bahwa peningkatan skor kepemimpinan akan meningkatkan kinerja pegawai. Secara parsial variabel motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Tanda positif pada koefisien regresi memberi arti bahwa peningkatan skor motivasi kerja akan meningkatkan kinerja pegawai. Secara parsial variabel pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Tanda positif pada koefisien regresi memberi arti bahwa peningkatan skor pelatihan akan meningkatkan kinerja pegawai. Berdasarkan uji persial diketahui variabel motivasi kerja merupakan variabel yang paling dominan memengaruhi kinerja pegawai. Buat instansi supaya lebih memperhatikan pelatihan yang diberikan kepada pegawai hal ini merupakan bagian dari motivasi kepada pegawai. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pelatihan merupakan faktor paling terendah yang memengaruhi kinerja pegawai di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tapanuli Tengah, hal ini disebabkan karena pegawai jarang mengikuti pelatihan. Pimpinan harus memperbanyak mengirim peserta mengikuti pelatihan yang benar-benar dapat meningkatkan kemampuan kerja pegawai, sehingga akan berdampak pada peningkatan kinerja pegawai dan bermuara pada peningkatan kinerja instansi juga.


Keywords


Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Pelatihan dan Kinerja

Full Text:

PDF

References


Hasibuan, Malayu S.P., (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta : PT Bumi Aksara.

James Kouzes and Barry Posner. (2015) The Leadership Challenge. Sidoarjo : Interaksara.

Kaswan., (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu., (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Moeheriono. ,(2014). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi Edisi Ke 4. Yogyakarta : BPFE.

Pullin, Ellen Bolman, Curtis P. Haugvedt. 2013. “Individual Differences in Intrinsic Motivation and The Use of Cooperative Negotiation Tactics”. The Journal of Business & Industrial Marketing. 15. 446-478.

Priansa dan Juni D. (2014). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung : Alfabeta

Rivai, Veithzal dan Mulyadi, D., (2012). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Edisi Tiga. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Rivai, Veithzal dan Sagala J. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik. Jakarta : Rajawali Press.

Rorimpandey, Lidya., (2013) Gaya kepemimpinan Transformasional, Transaksional, Situasional, Pelayanan dan Autentik Terhadap Kinerja Pegawai Kelurahan di Kecamaatan Bunaken Kota Manado. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen. Jurnal EMBA. ISSN 2303—1174. Vol.1 No.4:2233-2244.

Setyowati, Subroto., (2018). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan : Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Optimal Vol.12 No.1

Siswanti, Yuni., (2018). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderasi. Tesis Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lampung.

Sunyoto, Danang., (2012). Teori, Kuesioner, Dan Analisis Data Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Center For Academic Publishing Service.

Sugiyono., (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sutikno, Sobry. (2014). Pemimpin dan Gaya Kepemimpinan Edisi Pertama. Lombok : Holistica

Sutrisno, Edy. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kelima. Yogyakarta : Prenada Media.

Widodo, Suparno E. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Yukl, Gary., (2015). Leadership in Organization, Seventh Edition – Kepemimpinan dalam Organisasi, Edisi Ketujuh. Jakarta : Indeks.

Yeh, H., dan D. Hong. 2012. The Mediating Effect of Organizational Commitment on Leadership Type and Job Performance. The Journal of Human Resource and Adult Learning, Vol.50. p.50-59.




DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v10i2.23429

Article Metrics

Abstract view : 193 times
PDF - 161 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
NIAGAWAN is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.