PENGARUH ONLINE SHOP DAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2017 UNIVERSITASNEGERI MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v10i1.23664Keywords:
Online Shop, Kelompok Teman Sebaya, Perilaku KonsumtifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online shop dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2017 universitas negeri medan. Penelitian ini dilaksanakan di fakultas ekonomi universitas negeri medan T.P 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2017 yang berjumlah 113 mahasiswa dan sampel dalam penelitian ini yaitu 88 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu acak. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Hasil analisis berganda diperoleh persamaan Y = 6,088 + 0,246 X1 + 0,666 X2. Selanjutnya koefesien determinasi (R2) 0,607 yang artinya adalah sebesar 60,7% variabel X1 dan X2 dapat menjelaskan perilaku konsumtif mahasiswa (Y) dan sisanya sebesar 39,3% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dikaji dalam penelitian ini. berdasarkan uji t diperoleh bahwa masing-masing variabel X1 terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan nilai thitung>ttabel (3,835>1,662) dan ada pengaruh positif dan signifikan variabel kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumtif dengan nilai thitung>ttabel (10,544>1,662. Sedangkan uji f diperoleh hasil bahwa ada pengaruh positif dan signifikan online shop dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan nilai fhitung>ftabel (65,708>3,10) dan nilai signifikansi sebesar α (0,00 < 0,05)References
Desmita (2005). Psikologi PerkembanganI.
Bandung. Remaja Rosdakarya
Kotler, Phlip, Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta : Erlangga
Novandi & M. Djazari. 2011. œPengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Ak SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia,Universitas Negeri Yogyakarta. Hal : 1-20.
Rozaini Noni.2019.Pengaruh Mata Kuliah Ekonomi Syariah dan Uang Saku Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 Universitas Negeri Medan.
Sari, Chacha Andira. 2015. Perilaku Berbelanja Online di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas
Airlangga. AntrounairdotNet Vol.4 No.2
Slamet Santoso.2009. Dinamika Kelompok.
Jakarta : Bumi Aksara.
Sumartono. (2012). Terperangkap dalam Iklan:Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi.Bandung : PT. Alfabetia
Taryadi. 2007. Konsumerisme dan Bahaya Jajan di Sekolah.
Wahyudi. 2013. Tinjauan tentang perilaku konsumtif remaja pengunjung Mall Samarinda Central Plaza. eJournal Sosiologi, 1 (4), 26-36
Yusuf, Syamsu LN. 2009. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PTRemaja Rosdakarya
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0