PENGARUH ONLINE SHOP DAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2017 UNIVERSITASNEGERI MEDAN

Noni Rozaini Rozaini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online shop dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2017 universitas negeri medan. Penelitian ini dilaksanakan di fakultas ekonomi universitas negeri medan T.P 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2017 yang berjumlah 113 mahasiswa dan sampel dalam penelitian ini yaitu 88 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu acak. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Hasil analisis berganda diperoleh persamaan Y = 6,088 + 0,246 X1 + 0,666 X2. Selanjutnya koefesien determinasi (R2) 0,607 yang artinya adalah sebesar 60,7% variabel X1 dan X2 dapat menjelaskan perilaku konsumtif mahasiswa (Y) dan sisanya sebesar 39,3% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dikaji dalam penelitian ini. berdasarkan uji t diperoleh bahwa masing-masing variabel X1 terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan nilai thitung>ttabel (3,835>1,662) dan ada pengaruh positif dan signifikan variabel kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumtif dengan nilai thitung>ttabel (10,544>1,662. Sedangkan uji f diperoleh hasil bahwa ada pengaruh positif dan signifikan online shop dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan nilai fhitung>ftabel (65,708>3,10) dan nilai signifikansi sebesar α (0,00 < 0,05)


Keywords


Online Shop, Kelompok Teman Sebaya, Perilaku Konsumtif

Full Text:

PDF

References


Desmita (2005). Psikologi PerkembanganI.

Bandung. Remaja Rosdakarya

Kotler, Phlip, Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta : Erlangga

Novandi & M. Djazari. 2011. “Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Ak SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012”. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia,Universitas Negeri Yogyakarta. Hal : 1-20.

Rozaini Noni.2019.Pengaruh Mata Kuliah Ekonomi Syariah dan Uang Saku Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 Universitas Negeri Medan.

Sari, Chacha Andira. 2015. Perilaku Berbelanja Online di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas

Airlangga. AntrounairdotNet Vol.4 No.2

Slamet Santoso.2009. Dinamika Kelompok.

Jakarta : Bumi Aksara.

Sumartono. (2012). Terperangkap dalam Iklan:Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi.Bandung : PT. Alfabetia

Taryadi. 2007. Konsumerisme dan Bahaya Jajan di Sekolah.

Wahyudi. 2013. Tinjauan tentang perilaku konsumtif remaja pengunjung Mall Samarinda Central Plaza. eJournal Sosiologi, 1 (4), 26-36

Yusuf, Syamsu LN. 2009. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PTRemaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v10i1.23664

Article Metrics

Abstract view : 832 times
PDF - 1111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
NIAGAWAN is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.