ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI COMPETITIVENESS BERBASIS INDUSTRI KREATIF SUBSEKTOR KULINER PADA KAMPUNG UMKM KREATIF DI SURABAYA

Chintami Surya Ayu, Raya Sulistyowati

Abstract


Permasalahan yang dialami oleh UMKM berbasis industri kreatif subsektor kuliner di Kampung UMKM Kreatif Putat Jaya adalah perkembangan pesat yang terjadi pada industri kuliner kreatif sehingga menimbulkan persaingan yang cukup kompetitif utamanya bagi usaha mikro, kemunculan produk usaha kuliner berbasis industri kreatif dengan harga yang lebih terjangkau dan cita rasa produk yang lebih autentik, ketergantungan proses produksi pada jumlah permintaan sehingga tidak terdapat stok produksi, dan keterbatasan permodalan yang dimiliki oleh pelaku usaha, kurangnya kerjasama dengan pemasok dan sesama pelaku usaha kuliner kreatif, menyebabkan hanya beberapa UMKM saja yang menunjukkan perkembangan yang sangat baik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan menjelaskan faktor yang mempengaruhi competitiveness berbasis industri kreatif subsektor kuliner pada Kampung UMKM Kreatif yang terletak di Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan Surabaya. Teknik pengambilan sample menggunakan sampel jenuh yang berjumlah 50 unit UMKM berbasis industri kreatif subsektor kuliner dijadikan sebagai sample penelitian. Dalam menganalisis data digunakan teknik analisis faktor melalui Kaiser-Mayer-Olkin KMO. Terdapat 3 faktor baru yang terbentuk yaitu faktor sumber ilmu pengetahuan dan teknologi dengan total variance senilai 44,059%, faktor persaingan dengan total variance senilai 14,049% dan faktor sumber daya manusia dengan total variance senilai 10,22%. Faktor sumber ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki pengaruh paling kuat terhadap competitiveness industri kreatif subsektor kuliner di Kampung UMKM Kreatif Putat Jaya Surabaya.


Keywords


Competitiveness; Industri Kreatif Subsektor Kuliner; Analisis Faktor

Full Text:

PDF

References


Artanti, Y., Hari Prasetyo, F., & Sulistyowati, R. (2019). How Social Media Marketing Influences Online Purchasing Decision: Study of the Viral Marketing and Perceived Ease of Use. KnE Social Sciences, 3(11), 988. https://doi.org/10.18502/kss.v3i11.4066

Ayu Pratiwi, W., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Social Media Marketing Terhadap Sales Performance Pada Ikm Batik Gedog Kabupaten Tuban. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(1), 681–687.

Badan Pusat Statistik. (2021). Statistik Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan IV-2020 (Issue 13).

BEKRAF. (2019). Opus: Ekonomi Kreatif Outlook 2019. Badan Ekonomi Kreatif, 62.

Euis, Purnomo, D., & Akhmad, J. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Di Perkampungan Industri Kecil ( Pik ). 8(2).

Handayani, N. U., Santoso, H., & Pratama, I. (2012). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Peningkatan Daya Saing Klaster Mebel Di Kabupaten Jepara. Jurnal Teknik Industri, 13, 22–30.

Kankaew, K., Yapanto, L. M., Waramontri, R., Arief, S., Hamsir, H., Sastrawati, N., & Espinoza-Maguiña, M. R. (2021). Supply chain management and logistic presentation: Mediation effect of competitive advantage. Uncertain Supply Chain Management, 9(2), 255–264. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2021.3.007

KUKM, K. I. (2020). Rencana strategis kementerian koperasi dan usaha kecil dan menengah tahun 2020 - 2024.

Lafuente, E., Szerb, L., & Rideg, A. (2020). A system dynamics approach for assessing SMEs’ competitiveness. Journal of Small Business and Enterprise Development, 27(4), 560. https://doi.org/10.1108/JSBED-06-2019-0204

Ni, G., Xu, H., Cui, Q., Qiao, Y., Zhang, Z., Li, H., & Hickey, P. J. (2021). Influence mechanism of organizational flexibility on enterprise competitiveness: The mediating role of organizational innovation. Sustainability (Switzerland), 13(1), 1–23. https://doi.org/10.3390/su13010176

Nurhayati, D., & Khodijah, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Daya Saingusaha Mikro , Kecil Dan Menengah ( Umkm ) Batik Pasuruan. 10, 16–23.

Porter, M. E. (1990). Competitive Advantage Of Nations (1st ed.). Free Press.

Porter, M. E. (2008). On Competition (Updated an). Harvard Business School Publishing.

Porter, M. E. (2010). Strategi Bersaing Terjemahan Sigit Suryanto. Kharisma Publishing Group.

Raf, M. (2011). Analisis Eksplanatori Faktor Daya Saing Industri Kecil (Studi Pada Sentra Industri Kecil Batik Di Kota Jambi). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 14(2). https://doi.org/10.9744/jmk.14.2.91-101

Suhartini, & Evie, Y. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Analisis Daya Saing Industribatik Berbasis Diamond Porter Modelling. Prosiding Seminar Nasionalmulti Disiplin Ilmu&Call For Papersunisbank (Sendi_U, 978–979.

Sukaatmadja, I. P. G., Yasa, N. N. K., Rahyuda, H., Setini, M., & Dharmanegara, I. B. A. (2021). Competitive advantage to enhance internationalization and marketing performance woodcraft industry: A perspective of resource-based view theory. Journal of Project Management, 6, 45–56. https://doi.org/10.5267/j.jpm.2020.9.002

Sulistyowati, R. (2021). Does Impact of Entrepreneurial Literacy and Digital Literacy on a Businessmen Who Influences the Strategy to Maintain SME in The Pandemic Era? Technium Social Sciences Journal, 18, 84. file:///C:/Users/User/AppData/Local/Temp/2971-Article Text-11811-1-10-20210407.pdf

Widarjono, A. (2020). Analisis Multivariat Terapan (2nd ed.). UPP STIM YKPN.




DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v10i2.25508

Article Metrics

Abstract view : 496 times
PDF - 733 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
NIAGAWAN is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.