ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI COMPETITIVENESS BERBASIS INDUSTRI KREATIF SUBSEKTOR KULINER PADA KAMPUNG UMKM KREATIF DI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v10i2.25508Keywords:
Competitiveness, Industri Kreatif Subsektor Kuliner, Analisis FaktorAbstract
Permasalahan yang dialami oleh UMKM berbasis industri kreatif subsektor kuliner di Kampung UMKM Kreatif Putat Jaya adalah perkembangan pesat yang terjadi pada industri kuliner kreatif sehingga menimbulkan persaingan yang cukup kompetitif utamanya bagi usaha mikro, kemunculan produk usaha kuliner berbasis industri kreatif dengan harga yang lebih terjangkau dan cita rasa produk yang lebih autentik, ketergantungan proses produksi pada jumlah permintaan sehingga tidak terdapat stok produksi, dan keterbatasan permodalan yang dimiliki oleh pelaku usaha, kurangnya kerjasama dengan pemasok dan sesama pelaku usaha kuliner kreatif, menyebabkan hanya beberapa UMKM saja yang menunjukkan perkembangan yang sangat baik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan menjelaskan faktor yang mempengaruhi competitiveness berbasis industri kreatif subsektor kuliner pada Kampung UMKM Kreatif yang terletak di Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan Surabaya. Teknik pengambilan sample menggunakan sampel jenuh yang berjumlah 50 unit UMKM berbasis industri kreatif subsektor kuliner dijadikan sebagai sample penelitian. Dalam menganalisis data digunakan teknik analisis faktor melalui Kaiser-Mayer-Olkin KMO. Terdapat 3 faktor baru yang terbentuk yaitu faktor sumber ilmu pengetahuan dan teknologi dengan total variance senilai 44,059%, faktor persaingan dengan total variance senilai 14,049% dan faktor sumber daya manusia dengan total variance senilai 10,22%. Faktor sumber ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki pengaruh paling kuat terhadap competitiveness industri kreatif subsektor kuliner di Kampung UMKM Kreatif Putat Jaya Surabaya.References
Artanti, Y., Hari Prasetyo, F., & Sulistyowati, R. (2019). How Social Media Marketing Influences Online Purchasing Decision: Study of the Viral Marketing and Perceived Ease of Use. KnE Social Sciences, 3(11), 988. https://doi.org/10.18502/kss.v3i11.4066
Ayu Pratiwi, W., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Social Media Marketing Terhadap Sales Performance Pada Ikm Batik Gedog Kabupaten Tuban. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(1), 681“687.
Badan Pusat Statistik. (2021). Statistik Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan IV-2020 (Issue 13).
BEKRAF. (2019). Opus: Ekonomi Kreatif Outlook 2019. Badan Ekonomi Kreatif, 62.
Euis, Purnomo, D., & Akhmad, J. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Di Perkampungan Industri Kecil ( Pik ). 8(2).
Handayani, N. U., Santoso, H., & Pratama, I. (2012). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Peningkatan Daya Saing Klaster Mebel Di Kabupaten Jepara. Jurnal Teknik Industri, 13, 22“30.
Kankaew, K., Yapanto, L. M., Waramontri, R., Arief, S., Hamsir, H., Sastrawati, N., & Espinoza-Maguiña, M. R. (2021). Supply chain management and logistic presentation: Mediation effect of competitive advantage. Uncertain Supply Chain Management, 9(2), 255“264. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2021.3.007
KUKM, K. I. (2020). Rencana strategis kementerian koperasi dan usaha kecil dan menengah tahun 2020 - 2024.
Lafuente, E., Szerb, L., & Rideg, A. (2020). A system dynamics approach for assessing SMEs™ competitiveness. Journal of Small Business and Enterprise Development, 27(4), 560. https://doi.org/10.1108/JSBED-06-2019-0204
Ni, G., Xu, H., Cui, Q., Qiao, Y., Zhang, Z., Li, H., & Hickey, P. J. (2021). Influence mechanism of organizational flexibility on enterprise competitiveness: The mediating role of organizational innovation. Sustainability (Switzerland), 13(1), 1“23. https://doi.org/10.3390/su13010176
Nurhayati, D., & Khodijah, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Daya Saingusaha Mikro , Kecil Dan Menengah ( Umkm ) Batik Pasuruan. 10, 16“23.
Porter, M. E. (1990). Competitive Advantage Of Nations (1st ed.). Free Press.
Porter, M. E. (2008). On Competition (Updated an). Harvard Business School Publishing.
Porter, M. E. (2010). Strategi Bersaing Terjemahan Sigit Suryanto. Kharisma Publishing Group.
Raf, M. (2011). Analisis Eksplanatori Faktor Daya Saing Industri Kecil (Studi Pada Sentra Industri Kecil Batik Di Kota Jambi). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 14(2). https://doi.org/10.9744/jmk.14.2.91-101
Suhartini, & Evie, Y. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Analisis Daya Saing Industribatik Berbasis Diamond Porter Modelling. Prosiding Seminar Nasionalmulti Disiplin Ilmu&Call For Papersunisbank (Sendi_U, 978“979.
Sukaatmadja, I. P. G., Yasa, N. N. K., Rahyuda, H., Setini, M., & Dharmanegara, I. B. A. (2021). Competitive advantage to enhance internationalization and marketing performance woodcraft industry: A perspective of resource-based view theory. Journal of Project Management, 6, 45“56. https://doi.org/10.5267/j.jpm.2020.9.002
Sulistyowati, R. (2021). Does Impact of Entrepreneurial Literacy and Digital Literacy on a Businessmen Who Influences the Strategy to Maintain SME in The Pandemic Era? Technium Social Sciences Journal, 18, 84. file:///C:/Users/User/AppData/Local/Temp/2971-Article Text-11811-1-10-20210407.pdf
Widarjono, A. (2020). Analisis Multivariat Terapan (2nd ed.). UPP STIM YKPN.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0