PENGARUH JIWA KEWIRAUSAHAAN DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN BISNIS STAMBUK 2017 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh jiwa kewirausahaan dan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa pendidikan bisnis Universitas Negeri Medan stambuk 2017. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara test dan angket. Hasil analisis
regresi berganda diperoleh persamaan Y = 6.792 + 0,276 X1 + 0,647 X2 + e. Selanjutnya koefisien determinasi (R2) 0,543 yang artinya adalah sebesar 54,3%
variabel X1 dan X2 dapat menjelaskan minat berwirausaha mahasiswa (Y) dan sisanya sebesar 45,7% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak di kaji dalam
penelitian ini. Berdasarkan uji t diperoleh bahwa masing-masing variabel X1 terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa
(Y) dengan nilai thitung >ttabel (2,271 >1,662) dan ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel X2 terhadap hasil terhadap minat berwirausaha mahasiswa (Y) dengan nilai thitung>ttabel (7,257 >1,662). Sedangkan uji F diperoleh hasil bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara Jiwa Kewirausahaan (X1) dan Penggunaan Media Sosial (X2) terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Y)
Pendidikan Bisnis 2017 dengan nilai Fhitung>Ftabel (51,135>3,10) dan nilai signifikansi (0,000<0,05).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alma, Buchari. (2014). Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta
Anwar, Muhammad.(2014). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Badan Pusat Statistik. (2019). Jumlah Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi Yang Ditamatkan. (Online). Http://www.bps.go.id. Diakses pada 10 Januari 2020
Irwan Adi Rianto. (2013). Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Vol. 1 No. 2. UNTAG Cirebon.2302-7169-2013
Ismail Rahmanul, Adha. (2014). Pengaruh Sosial Media terhadap Minat Berwirausaha. Skripsi. Universitas Negeri Medan
Joseph A. Schumpeter (terj.), Capitalism Socialisme & Democracy, Pustaka Pelajar, Yogykarta, 2012
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Kurniawan, Agus dkk. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi dan Kepribadian terhadap Minat Berwirausaha Melalui Self Efficacy. Jurnal Pendidikan. JEEC (1) (2016). ISSN 2301-7341
Lukmayanti, Arista. (2012). Hubungan Efikasi Diri dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII Program Keahlian Jasa Boga di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Skripsi. UNY.
Lumbantobing, Elisa Sri. 2016. Pengaruh Pemanfaatan fasilitas Belajar dan Kreatifitas Guru terhadap Jiwa Wirausaha Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di Kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Siatas barita Kab. Tapanuli Utara T.P 2015/2016. Skripsi. Medan: UNIMED.
Matedhu Unila (2010). Pengertian Minat. Artikel. Diakses dari Http://Mathedu- Unila.Blogspot.com/2010/Pengertian-Minat.Html. (11 Januari 2020).
Muchammad Zulianto. (2014). Pengaruh Efikasi Diri dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang tahun 2013. Skripsi. Malang: UNM
Pratiwi, Yenni. Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. E-Junral Manajemen UNUD. 5:10:5215-5242
Priyatno, Dwi. (2013). Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.
Purwanto, Ngalim. 2008. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Rita Dayanti Sinaga. (2017). Pengaruh Jiwa Wirausaha dan Program Kreatifitas Mahasiswa terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Tata Niaga stambuk 2013 UNIMED. Skripsi. Medan: UNIMED.
Rusdiana. 2014. Kewirausahaan. Bandung. Pustaka Setia.
Saputra, Ari dian Dan Susena. (2013). Kontribusi Mata Kuliah Kewirausahaan dalam Menumbuhkan Jiwa Enterpreneurship yang Beretika Pada Mahasiswa prodi PPKn FKIP UAD Yogyakarta. Jurnal Citizenship, Vol.13 No. 1, April 2013. ISSN 1693-7619.
Simanungkalit, Eva Natalia. (2016). Pengaruh Pengetauan Kewirausahaan, Self Efficacy, dan Karakter Wirausaha terhadap Minat Berwirausaha pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pantai Cermin T.P 2015/2016. Skripsi. Medan : UNIMED
Siswanto, Tito. (2013). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah. Jurnal Kewirausahaan Vol.2 No.1.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Strauss, Judy dan Forst, Raymond. (2012). E-Marketing edisi Internasional ke 6. London: Pearson.
Sugiyono .(2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabet.
Sugiyono (2009). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Bandung: Penerbit Alfabet.
DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v10i3.27289
Article Metrics
Abstract view : 342 timesPDF - 322 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
NIAGAWAN is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.