FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU IMPULSE BUYING KONSUMEN PRODUK ORIFLAME DI KOTA LANGSA

Meutia Dewi

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of personal selling, price discount, and bonus packs on the impulse buying of Oriflame consumers in Langsa City. The sample in this study amounted to 97 respondents. The sampling technique used in this study is non-probability sampling. The data analysis method used in this research is multiple linear regression analysis, t test, F test and coefficient of determination. The regression equation in this study is: Y = 4.239 + 0.300x1+ 0.124x2 + 0.339x3. The constant 4.239 shows the value of impulse buying if personal selling, price discounts and bonus packs are fixed. The coefficients of personal selling variables, price discounts and bonus packs have a positive effect on impulse buying of consumers of Oriflame products in Langsa City. Based on partial and simultaneous hypothesis testing, personal selling, price discount and bonus pack variables have a significant effect on impulse buying. The value of the coefficient of determination of 0.604 or 60.4% can be concluded that impulse buying can be explained by personal selling, price discounts, and bonus packs, while the remaining 39.6% can be explained by factors not included in the study.


Keywords


personal selling; price discount; bonus packs; impulse buying

Full Text:

PDF

References


Artana, I Putu Widya dkk. 2019. Pengaruh Store Atmosphere, Display Product, dan Price Discount terhadap Impulse Buying (Studi kasus pada Indomaret di Kota Denpasar). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udaya. Vol.8 No.4 Hal.369-394.

Bujangga, Putu Hendra dan Hidaya, Rahmat. 2019. Pengaruh Personal Selling dan Fitur Iklan melalui Media Social terhadap Keputusan Pembelian produk Indihome (Strudi Kasus pada PT. Telkom Turangga Bandung Tahun 2018). E-Jurnal Procceding of Apply Science. Vol.5 No.1 Hal.74-81.

Dewi, Liliana dan Magdalena, Felicia. 2017. Pengaruh Personal Selling dan Word of Mouth terhadap Brand Awareness Bisnis Mahasiswa Universitas Ciputra. Jurnal Eksekutif. Vol.14 No.2 Hal.253-261.

Jeffrey dan Wijaya, Melly.2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Personal Selling terhadap Keputusan Pembelian Mobil Agya pada PT. Astra International Tbk-Tso Medan Gatsu Branch. Jurnal Manajemen. Vol.5 No.2 Hal.153-160.

Kwan, Oky Gunawan. 2016. Pengaruh Sales Promotion dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying dengan Positive Emotion sebagai Variabel Intervening pada Planet Sports Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol.10 No.1 Hal. 27-34.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Nasib. 2017. Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack terhadap Keputusan Impulse Buying Pada PT. Toyota Auto 2000 Cabang Sisingamangraja Medan, Journal Of Business Studies. Vol.2 No.2 Hal.30-50.

_____. 2019. Optimalisasi Personal Selling, Lokasi dan Harga dalam Meningkatkan Keputusan Mengikuti Program Kepemilikan Rumah Kpr Tipe 36, Jurnal Mantik Penusa. Vol.2 No.1 Hal.14-20.

Prihastama, Brian Vicky. 2016. Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack terhadap Impulse Buying pada Pelanggan Minimarket (Studi pada Pelanggan Minimarket Indomaret Jl. Demangan Baru, Depok,Sleman, Yogyakarta). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Rochman, Fajar Nur. 2016. Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, dan In-Store Display terhadap Impulse Buying (Studi pada Giant Supermarket Yogyakarta). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Purworejo.

Rofidi, Moch Arkhan Nur. 2017. Pengaruh Price Discount, Bonus Pack dan Pelayanan terhadap Peningkatan Impulse Buying pada Toko Bangunan UD Aryan Kec. Plemahan Kab. Kediri. Jurnal Simki-Economic. Vol.01 No.03 Hal.1-16.

Safa’atillah, Nurus. 2017. Analisis Pengaruh Faktor Price Discount, Bonus Pack dan Brand Image terhadap Konsumen dalam Melakukan Impulse Buying pada Produk Oriflame di Kota Lamongan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen. Vol.2 No.3 Hal.483-493.

Sari, Aprilia Eka. 2014. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Spontan. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol.13 No.1 Hal.55-73.

Sari, Apria. Widad dan Rosa, Aslamia. 2015. Pengaruh Sales Promotion, Personal Selling, dan Visual Merchandising terhadap Perilaku Impulse Buying Konsumen Matahari Departemen Store PsX Palembang. Jurnal Jembatan. Vol.12 No.1 Hal.45-56.

Sari, Della Ruslimah dan Faisal, Ikhwan. 2018. Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, dan In-Store Disply terhadap Keputusan Impulse Buying pada Giant Ektra Banjar. Jurnal Sains Manajemen dan Kewirausahaan. Vol.2 No.1 Hal.51-60.

Sinulingga, Sukaria.2013. Metode Penelitian. Medan.USU Press.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sriwidodo, Untung dan Sumaryanto. 2017. Analisis Faktor-Faktor Berpengaruh terhadap Perencanaan Investasi (Survei Masyarakat Berpenghasilan Tetap Desa Jaten Kab. Karanganyar). E-Jurnal Unisri. Vol.1 No.1 Hal.9197.

Sunyoto, Danang. 2011. Metode Penelitian Untuk Ekonomi. Jakarta: Caps.

Syazkia, Sindy Nur dan Yuliati, Ai Lili. 2018. Pengaruh Bonus Pack dan Price Discount terhadap Impulse Buying pada Konsumen PT Lion Super Indo Gerai Antapani. E-Jurnal Proceeding of Management. Vol.5 No.2 Hal.2561-2568.

Zahari. 2018. Analisis Pengaruh Sponsorship, Personal Selling dan Pricing Strategy terhadap Costumer Engagement Serta Dampaknya pada Custumer Retention. Tesis. Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh.




DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v10i3.28488

Article Metrics

Abstract view : 370 times
PDF - 383 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
NIAGAWAN is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.