PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI PENGOPERASIAN PROGRAM MICROSOFT POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 7 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v11i1.31752Keywords:
Hasil belajar, Pembelajaran interaktif, Microsoft Powerpoint, Teknologi Perkantoran, Penelitian tindakan kelas, SMKN 7 MedanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Kompetensi DasarMengoperasikan Program Microsoft Powerpointdalam mata pelajaran Teknologi Perkantoran melalui penggunaan model pembelajaran interaktif di kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 2 SMK Negeri 7 Medan. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan pada siswa kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 2 SMK Negeri 7 Medan T.P2018/2019. Penelitian ini menggunakan tiga siklus dan analisis deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pretes masih rendah. Setelah dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran interaktif hasil belajar siswa sudah mulai meningkat walaupun belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan perbaikan pada siklus II hasil belajar siswa terjadi peningkatan yaitu dengan tingkat ketuntasan belajar 94% dan yang tidak tuntas belajar hanya 6% siswa.References
Aqib, Diniati, Khotimah. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Rajawali Pers.
Sagala, Saiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Syafaruddin, Nasution. 2005. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantum Teaching.
Syah, Muhibbin, 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0