PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI PENGOPERASIAN PROGRAM MICROSOFT POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 7 MEDAN

Authors

  • Darmauli Darmauli SMKN 7 Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/niaga.v11i1.31752

Keywords:

Hasil belajar, Pembelajaran interaktif, Microsoft Powerpoint, Teknologi Perkantoran, Penelitian tindakan kelas, SMKN 7 Medan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada  Kompetensi DasarMengoperasikan  Program  Microsoft Powerpointdalam mata pelajaran Teknologi Perkantoran melalui penggunaan model pembelajaran interaktif di kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 2 SMK Negeri 7 Medan. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan pada siswa kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 2 SMK Negeri 7 Medan T.P2018/2019. Penelitian ini menggunakan tiga siklus dan analisis deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pretes masih rendah. Setelah dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran interaktif hasil belajar siswa sudah mulai meningkat walaupun belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan perbaikan pada siklus II hasil belajar siswa terjadi peningkatan yaitu dengan tingkat ketuntasan belajar 94% dan yang tidak tuntas belajar hanya 6% siswa.

References

Aqib, Diniati, Khotimah. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Rajawali Pers.

Sagala, Saiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Syafaruddin, Nasution. 2005. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantum Teaching.

Syah, Muhibbin, 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-03-06