PENGGUNAAN TEKNIK SIMULASI DALAM MENGEFEKTIFKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT PUBLISHER PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 7 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v11i2.31754Keywords:
Teknik simulasi, Hasil belajar, Microsoft Publisher, Teknologi Perkantoran, SMKN 7 MedanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji efektifitas pembelajaran Teknologi Perkantoran kompetensi dasar Mempraktikkan cara mengoperasikan Microsoft Publisher yang dilakukan guru di kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 1 SMK Negeri 7 Medan, meneliti penguasaan guru mata pelajaran Teknologi Perkantoran terhadap penerapan teknik pembelajaran simulasi dalam kompetensi dasar Mempraktikkan cara mengoperasikan Microsoft Publisher, meningkatkan penguasaan guru kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 1 terhadap teknik simulasi yang diterapkan dalam pembelajaran kompetensi dasar Mempraktikkan cara mengoperasikan Microsoft Publisher Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan diKelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 1SMK Negeri 7 Medan. Prosedur yang dilaksanakan dalam penelitian tindakan ini berbentuk siklus yang berlangsung dua siklus sesuai target yang akan dicapai, dimana setiap siklus terdiri dari satu atau lebih pertemuan. Prosedur yang dilaksanakan dalam penelitian tindakan ini berbentuk siklus yang berlangsung dua siklus sesuai target yang akan dicapai, dimana setiap siklus terdiri dari satu atau lebih pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik Simulasi merupakan salah satu teknik pembelajaran yang dapatmelibatkan semua siswa di dalam kelas. Teknik Simulasi dapat menumbuhkan sikap dan pribadi yang diharapkan dalamlingkup mata pelajaran Teknologi perkantoran. Guru dapat meningkatkan kualitas unjuk kerja bila mendapat pembinaan yang terus menerus.References
BSNP. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan NasioalRI Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses, Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi BelajarMengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Roestiyah NK. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Tilaar, HAR. 1999. Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: Rosdakarya
Uno, Hamzah B. 2004. Model Pembelajaran. Gorontalo: Nurul Jannah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0