PENGGUNAAN TEKNIK SIMULASI DALAM MENGEFEKTIFKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT PUBLISHER PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 7 MEDAN

Darmauli Darmauli

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji efektifitas pembelajaran Teknologi Perkantoran kompetensi dasar Mempraktikkan cara mengoperasikan Microsoft Publisher yang dilakukan guru di kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 1 SMK Negeri 7  Medan, meneliti penguasaan guru mata pelajaran Teknologi Perkantoran terhadap penerapan teknik pembelajaran simulasi dalam kompetensi dasar Mempraktikkan cara mengoperasikan Microsoft Publisher, meningkatkan penguasaan guru kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 1 terhadap teknik simulasi yang diterapkan dalam pembelajaran kompetensi dasar Mempraktikkan cara mengoperasikan Microsoft Publisher Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan diKelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 1SMK Negeri 7 Medan. Prosedur yang dilaksanakan dalam penelitian tindakan ini berbentuk siklus yang berlangsung dua siklus sesuai target yang akan dicapai, dimana setiap siklus terdiri dari satu atau lebih pertemuan. Prosedur yang dilaksanakan dalam penelitian tindakan ini berbentuk siklus yang berlangsung dua siklus sesuai target yang akan dicapai, dimana setiap siklus terdiri dari satu atau lebih pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik Simulasi merupakan salah satu teknik pembelajaran yang dapatmelibatkan semua siswa di dalam kelas. Teknik Simulasi dapat menumbuhkan sikap dan pribadi yang diharapkan dalamlingkup mata pelajaran Teknologi perkantoran. Guru dapat meningkatkan kualitas unjuk kerja bila mendapat pembinaan yang terus menerus.

Keywords


Teknik simulasi; Hasil belajar; Microsoft Publisher; Teknologi Perkantoran; SMKN 7 Medan

Full Text:

PDF

References


BSNP. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan NasioalRI Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses, Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi BelajarMengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Roestiyah NK. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Tilaar, HAR. 1999. Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: Rosdakarya

Uno, Hamzah B. 2004. Model Pembelajaran. Gorontalo: Nurul Jannah.




DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v11i2.31754

Article Metrics

Abstract view : 154 times
PDF - 189 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
NIAGAWAN is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.