PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (KFCARJUNA MEDAN PERJUANGAN)

Authors

  • Ivo Selvia Agusti Universitas Negeri Medan
  • Yogaswara Verano Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/niaga.v11i1.32678

Keywords:

Kualitas pelayanan, kualitas makanan, kepuasan pelanggan, restoran cepat saji

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan (X1) kualitasproduk (X2) Terhadap Kepuasan konsumen (Y) di KFC Medan Perjuangan Model penelitian yangdigunakan yakni dengan metode kuantitatif, asosiatif dengan populasi dalam penelitian ini adalahpelanggan yang KFC Medan Metode penarikan sampel menggunakan rondom sampling didapatsebanyak 44 responden yang berkunjung pada waktu penelitian dilakukan.Instrumen angket penelitianmenggunakan data primer dan skunder. Menggunakan SPSS. Metode analisis dalam pengolahan dataadalah uji validitas dan reliabilitas, uji regresi linear sederhana, koefisien determinasi, uji hipotesis(uji-t), dan uji korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KualitasPelayanan (X1), Kualitas Makanan (X2), berpengaruh signifikan juga terhadap Kepuasan Pelanggan(Y). Oleh karena itu, penting untuk mempertahankan variabel-variabel tersebut pada standar kualitaskarena memiliki dampak signifikan terhadap kepuasan pelanggan

References

Assauri, Sofjan. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers. Sangadji, E.M dan Sopiah 2015. Prilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : Andi

Familiar, K., & Ida Maftukhah. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal, 4(4), 348“354

Hartanto, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Lingkungan Fisik Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi di De Mandailing Cafe Surabaya. Agora, 7(1), 2019.

Kastawan mandala, and Muhammad Ryan Fauzi. 2019. œPurposive Sampling. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan 8 (11): 6741“61.

Kolter,P.,& Keller, K.L. (2009). Manajemen pemasaran (12th Ed; PT Indeks, Ed.). Jakarta : PT Mancana Jaya Cemerlang

Krisdianti, Dika Lambang, and Fakultas Ilmu Administrasi. 2019. œPengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Pizza Hut Malang Town Square 70 (1): 36“44. Malik Ibrahim Siti Marijam Thawil. 2019. œPengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan 4 (1): 175“82.

Lupiyoadi R, Hamdani A. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta (ID): Salemba Empat.

Mutiara, dkk 2021. Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran KFC Lampung, Jurnal Ilmu Manajemen Sabura, Vol 7 No 1 2021 E-ISSN 2621-7937 P-ISSN 2774-7026

Purnomo Edwin Setyo. 2017. œPengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen œBest Autoworks

Tjiptono, Fandy. 2012. Service, Quality & Satisfaction (Yogyakarta: CV Andi Offset)

Tjiptono & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Edisi Kudua. Yogyakarta: ANDI. Tjiptono, Fandy dan G

Weenas, Jackson R.S. 2013. Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA vol.1 no.4 Desember 2013

Downloads

Published

2022-03-06