PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (KFCARJUNA MEDAN PERJUANGAN)
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v11i1.32678Keywords:
Kualitas pelayanan, kualitas makanan, kepuasan pelanggan, restoran cepat sajiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan (X1) kualitasproduk (X2) Terhadap Kepuasan konsumen (Y) di KFC Medan Perjuangan Model penelitian yangdigunakan yakni dengan metode kuantitatif, asosiatif dengan populasi dalam penelitian ini adalahpelanggan yang KFC Medan Metode penarikan sampel menggunakan rondom sampling didapatsebanyak 44 responden yang berkunjung pada waktu penelitian dilakukan.Instrumen angket penelitianmenggunakan data primer dan skunder. Menggunakan SPSS. Metode analisis dalam pengolahan dataadalah uji validitas dan reliabilitas, uji regresi linear sederhana, koefisien determinasi, uji hipotesis(uji-t), dan uji korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KualitasPelayanan (X1), Kualitas Makanan (X2), berpengaruh signifikan juga terhadap Kepuasan Pelanggan(Y). Oleh karena itu, penting untuk mempertahankan variabel-variabel tersebut pada standar kualitaskarena memiliki dampak signifikan terhadap kepuasan pelangganReferences
Assauri, Sofjan. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers. Sangadji, E.M dan Sopiah 2015. Prilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : Andi
Familiar, K., & Ida Maftukhah. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal, 4(4), 348“354
Hartanto, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Lingkungan Fisik Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi di De Mandailing Cafe Surabaya. Agora, 7(1), 2019.
Kastawan mandala, and Muhammad Ryan Fauzi. 2019. œPurposive Sampling. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan 8 (11): 6741“61.
Kolter,P.,& Keller, K.L. (2009). Manajemen pemasaran (12th Ed; PT Indeks, Ed.). Jakarta : PT Mancana Jaya Cemerlang
Krisdianti, Dika Lambang, and Fakultas Ilmu Administrasi. 2019. œPengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Pizza Hut Malang Town Square 70 (1): 36“44. Malik Ibrahim Siti Marijam Thawil. 2019. œPengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan 4 (1): 175“82.
Lupiyoadi R, Hamdani A. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta (ID): Salemba Empat.
Mutiara, dkk 2021. Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran KFC Lampung, Jurnal Ilmu Manajemen Sabura, Vol 7 No 1 2021 E-ISSN 2621-7937 P-ISSN 2774-7026
Purnomo Edwin Setyo. 2017. œPengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen œBest Autoworks
Tjiptono, Fandy. 2012. Service, Quality & Satisfaction (Yogyakarta: CV Andi Offset)
Tjiptono & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Edisi Kudua. Yogyakarta: ANDI. Tjiptono, Fandy dan G
Weenas, Jackson R.S. 2013. Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA vol.1 no.4 Desember 2013
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0