PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (KFCARJUNA MEDAN PERJUANGAN)

Ivo Selvia Agusti, Yogaswara Verano

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan (X1) kualitas
produk (X2) Terhadap Kepuasan konsumen (Y) di KFC Medan Perjuangan Model penelitian yang
digunakan yakni dengan metode kuantitatif, asosiatif dengan populasi dalam penelitian ini adalah
pelanggan yang KFC Medan Metode penarikan sampel menggunakan rondom sampling didapat
sebanyak 44 responden yang berkunjung pada waktu penelitian dilakukan.Instrumen angket penelitian
menggunakan data primer dan skunder. Menggunakan SPSS. Metode analisis dalam pengolahan data
adalah uji validitas dan reliabilitas, uji regresi linear sederhana, koefisien determinasi, uji hipotesis
(uji-t), dan uji korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas
Pelayanan (X1), Kualitas Makanan (X2), berpengaruh signifikan juga terhadap Kepuasan Pelanggan
(Y). Oleh karena itu, penting untuk mempertahankan variabel-variabel tersebut pada standar kualitas
karena memiliki dampak signifikan terhadap kepuasan pelanggan

Keywords


Kualitas pelayanan; kualitas makanan; kepuasan pelanggan; restoran cepat saji

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers. Sangadji, E.M dan Sopiah 2015. Prilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : Andi

Familiar, K., & Ida Maftukhah. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal, 4(4), 348–354

Hartanto, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Lingkungan Fisik Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi di De Mandailing Cafe Surabaya. Agora, 7(1), 2019.

Kastawan mandala, and Muhammad Ryan Fauzi. 2019. “Purposive Sampling.” Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan 8 (11): 6741–61.

Kolter,P.,& Keller, K.L. (2009). Manajemen pemasaran (12th Ed; PT Indeks, Ed.). Jakarta : PT Mancana Jaya Cemerlang

Krisdianti, Dika Lambang, and Fakultas Ilmu Administrasi. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Pizza Hut Malang Town Square” 70 (1): 36–44. Malik Ibrahim Siti Marijam Thawil. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan” 4 (1): 175–82.

Lupiyoadi R, Hamdani A. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta (ID): Salemba Empat.

Mutiara, dkk 2021. Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran KFC Lampung, Jurnal Ilmu Manajemen Sabura, Vol 7 No 1 2021 E-ISSN 2621-7937 P-ISSN 2774-7026

Purnomo Edwin Setyo. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks”

Tjiptono, Fandy. 2012. Service, Quality & Satisfaction (Yogyakarta: CV Andi Offset)

Tjiptono & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Edisi Kudua. Yogyakarta: ANDI. Tjiptono, Fandy dan G

Weenas, Jackson R.S. 2013. Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA vol.1 no.4 Desember 2013




DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v11i1.32678

Article Metrics

Abstract view : 411 times
PDF - 2470 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
NIAGAWAN is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.