EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ONLINE PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v11i2.32773Keywords:
Berbasis Online, Daring, Efektifitas, Model Pembelajaran, Problem Based Learning,Abstract
Masa pandemic covid19 menjadi tantangan bagi dunia pendidikan dalam merancang system pembelajaran baru seperti sekolah dalam jaringan melalui jaringan dan aplikasi conference seperti zoom, google meet, dan lain lain. Perlunya pengujian efektifitas suatu model dan media daring saat ini menjadi salah satu tujuan peneliti dalam melihat progres dan keefektifan pembelajaran secara daring. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan meneliti ada tidaknya efektifitas dari model pembelajaran Problem Based Learning yang dilakukan secara daring terhadap kelas A dan B Jurusan Pendidikan Ekonomi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan pada matakuliah kewirausahaan. Hasil perhitungan uji N-Gain score tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen dan kontrol dengan model pembelajaran pembelajaran Problem Based Learning adalah sama sama bernilai cukup efektif dengan nilai N-Gain kelas eksperimen bernilai 61.5 % dalam kategori cukup efektif dengan nilai N-Gain score minimum 0,00% dan maksimum 90,9% sementara untuk nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas control adalah sebesar 66.5% dalam kategori cukup efektif dengan nilai N-Gain Minimum 33.3% dan Maximum 92.3% Dari nilai nilai N-Gain Score diatas disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki nilai efektifitas yang sama sma cuku efektif, melalui perlakuan pembelajaran via google meet secara daring dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning cukup efektif dilakukan secara daring melalui media google meet dan berpengaruh baik terhadap kedua kelas, Model pembelajaran yang efektif digunakan dalam pembelajaran daring adalah Model Problem Based Learning yang dapat memicu kreatifitas dalam berpikir kritis pembelajaran secara daring.References
Abdullah, A. (2017). Pendekatan dan model pembelajaran yang mengaktifkan siswa. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 45“62.
Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid 19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131“146.
Aisyanah, N., & Kurniasari, Z. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Strategi Alat Peraga Puzzle Dadu terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Materi Peluang SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 33“44.
Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 38“48.
Basri, M. (2018). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Takalar. Universitas Negeri Makassar.
Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA se-kota Stabat. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi Dan Biologi, 1(2), 109“116.
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367“375.
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246“253.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Rosdiana, R., Djono, D., & Musadad, A. A. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Inquiri Dan Konvensional Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Ditinjau dari Minat Belajar Siswa (Studi Eksperimental Kelas XI SMA Negeri Se Kabutapen Bima Pelajaran 2015/2016). HISTORIKA, 20(1).
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214“224.
Sawab, B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Mi Mathla™UL Anwarsindang Sari Lampung Selatan. UIN Raden Intan Lampung.
Solikha, N., & Rasyida, I. (2020). Schoology Terhadap Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa X Ips Man Kota Pasuruan. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 11(1), 31“42. https://jiesjournal.com/index.php/jies/article/view/221
Suardana, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Tolak Peluru. Journal of Education Action Research, 3(3), 270“277.
Sudiatmika, I. M. A., Subagia, I. W., & Muderawan, I. W. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pada Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. Prosiding Seminar Nasional MIPA.
Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta, 28.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0