EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ONLINE PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN

Sixson Roberto Simangunsong, Sabda Dian Nurani Siahaan

Abstract


Masa pandemic covid19 menjadi tantangan bagi dunia pendidikan dalam merancang system pembelajaran baru seperti sekolah dalam jaringan melalui jaringan dan aplikasi conference seperti zoom, google meet, dan lain lain. Perlunya pengujian efektifitas suatu model dan media daring saat ini menjadi salah satu tujuan peneliti dalam melihat progres dan keefektifan pembelajaran secara daring. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan meneliti ada tidaknya efektifitas dari model pembelajaran Problem Based Learning yang dilakukan secara daring terhadap kelas A dan B Jurusan Pendidikan Ekonomi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan pada matakuliah kewirausahaan. Hasil perhitungan uji N-Gain score tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen dan kontrol dengan model pembelajaran  pembelajaran  Problem Based Learning adalah sama sama bernilai cukup efektif dengan nilai N-Gain kelas eksperimen bernilai 61.5 % dalam kategori cukup efektif dengan nilai N-Gain score minimum 0,00% dan maksimum 90,9% sementara untuk nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas control adalah sebesar 66.5% dalam kategori cukup efektif dengan nilai N-Gain Minimum 33.3% dan Maximum 92.3% Dari nilai nilai N-Gain Score diatas disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki nilai efektifitas yang sama sma cuku efektif, melalui perlakuan pembelajaran via google meet secara daring dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning cukup efektif dilakukan secara daring melalui media google meet dan berpengaruh baik terhadap kedua kelas, Model pembelajaran yang efektif  digunakan dalam pembelajaran daring adalah Model Problem Based Learning yang dapat memicu kreatifitas dalam berpikir kritis pembelajaran secara daring.


Keywords


Berbasis Online, Daring, Efektifitas, Model Pembelajaran, Problem Based Learning,

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. (2017). Pendekatan dan model pembelajaran yang mengaktifkan siswa. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 45–62.

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid 19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131–146.

Aisyanah, N., & Kurniasari, Z. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Strategi Alat Peraga Puzzle Dadu terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Materi Peluang SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 33–44.

Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 38–48.

Basri, M. (2018). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Takalar. Universitas Negeri Makassar.

Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA se-kota Stabat. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi Dan Biologi, 1(2), 109–116.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375.

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246–253.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Rosdiana, R., Djono, D., & Musadad, A. A. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Inquiri Dan Konvensional Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Ditinjau dari Minat Belajar Siswa (Studi Eksperimental Kelas XI SMA Negeri Se Kabutapen Bima Pelajaran 2015/2016). HISTORIKA, 20(1).

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214–224.

Sawab, B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Mi Mathla’UL Anwarsindang Sari Lampung Selatan. UIN Raden Intan Lampung.

Solikha, N., & Rasyida, I. (2020). Schoology Terhadap Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa X Ips Man Kota Pasuruan. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 11(1), 31–42. https://jiesjournal.com/index.php/jies/article/view/221

Suardana, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Tolak Peluru. Journal of Education Action Research, 3(3), 270–277.

Sudiatmika, I. M. A., Subagia, I. W., & Muderawan, I. W. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pada Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. Prosiding Seminar Nasional MIPA.

Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta, 28.




DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v11i2.32773

Article Metrics

Abstract view : 208 times
PDF - 210 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
NIAGAWAN is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.