PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN YANG BERDAMPAK PADA VOLUME PENJUALAN

Agus Sudarsono, Aris Ariyanto, Mada Faisal Akbar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh kepuasan pelanggan terhadap volume penjualan serta pengaruh simultan kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan Cireng Salju Pada PT. Bonju Indonesia Mas. Metode penelitian bersifat Asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Cireng Salju PT. Bonju Indonesia Mas, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 110 responden. Tehnik pengumpulan data dengan cara kuesioner, dan Teknik analisis data menggunakan uji instrument, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t hitung dan uji f hitung. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, hal ini dapat dibuktikan dari nilai regresi linier sederhana Y=25,009+0,229X, Nilai t hitung 3,311 > t tabel 1,982 dengan signifikan 0,001 < 0,05, dan besarnya kontribusi kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan sebesar 9,2%. Secara parsial harga berpengaruh negatif terhadap kepuasan pelanggan, ini dapat dibuktikan dari nilai regresi linier sederhana Y= 39,204 – 0,394X, Nilai t hitung – 6,232 > t tabel - 1,982 dengan signifikan 0,000 < 0,05, dan besarnya kontribusi harga terhadap kepuasan pelanggan sebesar 26,4%. Secara parsial kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan, hal ini dapat dibuktikan dari nilai regresi linier sederhana Y=3,174+0,594X,  Nilai t hitung 5,855 > t tabel 1,982 dengan signifikan 0,000 < 0,05 dan besarnya kontribusi kepuasan pelanggan terhadap volume penjualan sebesar 24,1%. Secara simultan kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, hal ini dapat dibuktikan dari nilai F hitung 23,504 > F tabel 3,08 dengan siginifikan 0,000 < 0,05, dan besarnya kontribusi kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan sebesar 30,5%.


Keywords


kualitas produk, harga, kepuasan pelanggan, volume penjualan

Full Text:

PDF

References


Alma, 2011, Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, CV Alfabeta, Bandung.

Atik dan Ratminto, 2012, Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Agustina, 2011, Perilaku Konsumen: Afeksi Konsumen, Lab, Manajemen Agribisnis/Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang

Ariani, 2003, Manajemen Kualitas Pendekatan Sisi Kualitatif. Ghalia Indonesia: Jakarta

Aris Ariyanto. (2019). Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cireng Moncrot Cv Good Food – Tangerang Jurnal Ekonomi Efektif, ISSN: 2622 – 8882 Vol. 1, No.3

Budidharmo, 2009, Pemasaran Produk Jasa, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Daryanto, 2011, Strategi Menaklukkan. Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Cetakan Ketiga. Gramedia, Jakarta.

Ghozali, 2012, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Undip. Semarang.

Guntur, 2010, Transformasi Manajemen Pemasaran+Membangun Citra Negara. Sagung Seto, Jakarta.

Hasibuan, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, PT Bumi Aksara, Jakarta.

Kotler dan Amstrong, 2012, Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I. Erlangga, Jakarta.

dan Keller, 2012, Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Penerjemah Benyamin Molan, Indeks, Jakarta.

Malhotra, 2011, Riset Pemasaran Pendekatan Terapan, Edisi Keempat Jilid 1, Jakarta. Penerbit PT Indeks Kelompok Gramedia.

Nasution, 2011, Metode Research (Penelitian Ilmiah). Bumi Aksara, Jakarta.

Robbins dan Coulter, 2014, Manajemen, Edisi ke sepuluh jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Safroni, 2012, Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam. Konteks Birokrasi Indonesia. Aditya Media Publishing. Surabaya.

Saladin, 2011, Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan, Edisi Lima, Linda Karya, Bandung.

Sugiyono, 2015, Metodologi Penelitian Manajemen, Alfabeta, Bandung.

Supardi, 2013, Aplikasi Statistik Dalam Penelitian, PT Prima Ufuk Semesta, Jakarta.

Supranto, 2012, Metode Riset Aplikasinya Dalam Pemasaran, Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Swastha dan Irawan, 2011, Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Tjiptono, 2014, Pemasaran Jasa, Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v11i3.36706

Article Metrics

Abstract view : 568 times
PDF - 684 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
NIAGAWAN is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.