PERAN BUDAYA ORGANISASI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DAN ETIKA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN SEBAGAI AGENT OF CHANGE
Abstract
Mahasiswa sebagai agen pembawa perubahan harus memiliki karakter dan etika yang baik agar perubahan yang dibawa oleh mahasiswa adalah perubahan ke arah yang lebih baik lagi yang dapat dibentuk melalui oranisasi ataupun lembaga-lembaga kampus yang diikuti. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran budaya organisasi dalam pembentukan karakter mahasiswa Universitas Negeri Medan sebagai agent of change. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan perolehan data yang dilakukan melalui wawancara. Di temukan bahwa budaya dalam organisasi berperan sebagai pembawa perubahan karakter dan etika mahasiswa Universitas Negeri Medan ke arah yang lebih baik lagi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Desson, K., & Clouthier, J. (2010, November). Organizational culture – why does it matter ? Paper presented at the symposium on International Safeguards International Atomic Energy Agency, Vienna, Austria.
Dwi Siswoyo dkk. 2007. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Hakim, L. 2011. Membangun budaya organisasi unggul sebagai upaya meningkatkan kinerja karyawan di era kompetitif. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 15 (2): 148-158.
Kreitner, R.; & Kinicki, A. 2005. Perilaku Organisasi (Organizational Behavior). Jakarta: Salemba empat.
Martadinata, A. M. 2019. Peran Mahasiswa dalam Pembangunan di Indonesia. Jurnal Humaniora, 2(1): 1-6.
Munandar, A.S. 2008. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia press.
Robbins, S.P. 1996. Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Prenhallindo.
Schein, E.H. 2010. Organizational Culture and Leadership. San fransisco: Jossey bass.
Sobirin, A. 2007. Budaya Organisasi. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.
Soetopo, H. 2010. Perilaku Organisasi. Bandung: PT. Remaja rosdakarya.
Tika, M.P. 2010. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: PT Bumi aksara.
Willcoxson, L.; & Millett, B. 2000. The Management of Organizational Culture. Australian Journal of Management & Organizational Behavior, 3(2); 91-99.
DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v12i1.38911
Article Metrics
Abstract view : 391 timesPDF - 1397 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Niagawan
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0