PERANAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DALAM PEMBELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS GUNA MENERAPKAN ETIKA BERBISNIS

Muhammad Prayogi Adie Pradja, Muhammad Prayoga Adie Pradja, Firgan Febryan, Muhammad Saeful Hilalulloh, Muhamad Hilmi Fahrezi, Tri Lestari, Karlina Karlina, Ricky Firmansyah

Abstract


Peranan Learning Management System Dalam Pembelajaran Komunikasi Bisnis sangatlah penting Guna Menerapkan Etika Berbisnis, didalam penelitian ini memiliki beberapa isu-isu tentang bagaimana pembelajaran generasi milenial menerapkan sebuah etika dalam komunikasi bisnis, karena pada zaman sekarang yang semakin maju haruslah juga mengedepankan etika dalam berkomunikasi apalagi didalam bidang komunikasi bisnis. Tujuan penelitian ini yaitu guna mendukung dan memahami sebuah etika berkomunikasi bisnis supaya mendapatkan rasa hormatnya dan jika sudah mendapatkan rasa hormat tersebut maka akan dimudahkan dalam berkomunikasi. Didalam penelitian ini menggunakan metode penelitian Studi Literatur yang menggunakan 4 penelitian terdahulu yang terjamin dan hasilnya akan dideskripsikan oleh peneliti. Dalam hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti ialah peran Learning management System sangatlah berguna dalam pembelajaran komunikasi bisnis guna mendukung penerapan etika dalam berkomunikasi. Oleh karena itulah mengapa pembelajaran komunikasi bisnis sangatlah penting bagi yang akan terjun langsung pada bidang bisnis. karena jika generasi milenial telah memahami apa itu etika dalam komunikasi bisnis, maka akan dimudahkan dalam berbisnis seperti kinerja dalam berkomunikasi yang baik dan beretika dimana sebagai pelaku usaha UMKM maupun karyawan didalam suatu struktur organisasi perusahaan.


Keywords


Learning Management System; Komunikasi Bisnis; Etika Berbisnis

Full Text:

PDF

References


Almeida, C. (2021, Oktober 26). Pentingnya Etika Komunikasi dalam Bisnis di Era New Normal. Diambil kembali dari Kompasiana.com: https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/cyintiaa1903/6177a35f010190096801ddd2/pentingnya-etika-komunikasi-dalam-bisnis-di-era-new-normal

Anggraeny, G. (2017, Desember 31). Pembelajaran dan Implementasi Etika Bisnis Islam: Studi pada Mahasiswa Akuntansi Syariah IAIN Surakarta. Academica : Jurnal Kajian Multidisiplin, VOL. 1 NO.2. Diambil kembali dari https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/academica/article/view/1031

Choiri, & Obeit, E. (2022, Augustus 16). Penting! Ini 10 Etika dalam Berbisnis yang Wajib Diketahui. Diambil kembali dari Qwords: https://qwords.com/blog/etika-dalam-bisnis/

Falincia, & Carolina, R. (2021, November 16). Etika Komunikasi Bisnis dalam Dunia Bisnis. Diambil kembali dari news.limadetik.com: https://news.limadetik.com/etika-komunikasi-bisnis-dalam-dunia-bisnis/

Fathurohman, F., & Safitri, L. (2021). KOMUNIKASI BISNIS. Dalam R. S. Tri Herdiawan Apandi (Penyunt.). Subang: POLSUB PRESS.

Husna. (2019, Oktober 25). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving Pada Materi Gambar Etika Komunikasi Bisnis SMK Negeri 1 Banda Aceh. Journal | Jurnal Serambi Akademica. Diambil kembali dari https://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/view/1513

Irwansyah, & Damanik, P. (2018). PENGARUH MATA KULIAH KOMUNIKASI BISNIS DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MAHASISWA TATA NIAGA 2013 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. VOL 7, NO 1. doi:https://doi.org/10.24114/niaga.v7i1.9351

Laia, V. P. (2022, Desember 6). Etika dalam Komunikasi Bisnis. Diambil kembali dari DEPOKPOS: https://www.depokpos.com/2022/12/etika-dalam-komunikasi-bisnis/

Lailia, M. (2021, Juni 16). Etika Komunikasi dalam Berbisnis. Diambil kembali dari kumparan.com: https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/maghfirotul-lailia/etika-komunikasi-dalam-berbisnis-1vx8Rhr4ybw

Philipus, N. (2019). KOMUNIKASI BISNIS YANG ETIS : Sebuah Tinjauan Kritis. Jurnal Komunikasi Dan Bisnis. Jurnal Komunikasi Dan Bisnis, 6(2). Diambil kembali dari https://jurnal.kwikkiangie.ac.id/index.php/JKB/article/view/570

Pranawukir, I., & Elisabet hamboer, M. (2021, 10 28). Model Komunikasi Bisnis Jual Beli Buku Melalui Komunikasi Interpersonal dan Komunitas Grup Facebook. IKRA-ITH HUMANIORA, Vol 6 No 2 (2022). doi:https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v6i2.1498

Prayogi Adie Pradja, M., Saeful Hilalulloh, M., & Firmansyah, R. (2022). Peranan Learning Managemet System Dalam Mendukung Model Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional (JPTIV), Vol 4, No 2. doi:DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpvti.v4.i2.202201

Priharto, S. (2019, Oktober 7). Pengertian Komunikasi Bisnis, Unsur, Tujuan, Teknik, Dan Jenisnya. Diambil kembali dari cpssoft.com: https://cpssoft.com/blog/bisnis/pengertian-komunikasi-bisnis/

Rahmania, F., Khoeriyah, S., Febrianty, V., Putri, S., Setiawati, W., & Firmansyah, R. (2022). Efektivitas Edufecta Learning Management System sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Teknologi Digital. Jurnal MEKA. doi:https://ejurnal.poltekkutaraja.ac.id/index.php/meka/article/view/199

Rakhma, & Tazqiya, M. (2022). ETIKA KOMUNIKASI BISNIS DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Orasi Jurnal Dakwah dan Komunikasi, Vol. 13 No. 1. doi:http://dx.doi.org/10.24235/orasi.v13i1.9357

Ramadhani, N. (2020, Juni 25). Unsur, Fungsi dan Tujuan dalam Komunikasi Bisnis. Diambil kembali dari Akseleran: https://www.akseleran.co.id/blog/komunikasi-bisnis/

Rozaini, N., & Cristina Purba, L. (2018). PENGARUH HASIL BELAJAR KOMUNIKASI BISNIS DAN KEMATANGAN VOKASIONAL TERHADAP KESIAPAN. NIAGAWAN, Vol 7, No 1. Diambil kembali dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/niagawan/article/view/9348

Santoso, J. T. (2021, Desember 14). Komunikasi Dalam Berbisnis. Diambil kembali dari Universitas STEKOM: https://stekom.ac.id/artikel/komunikasi-dalam-berbisnis

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Yulianto, A. (2020, Oktober 26). Manajemen Sistem Informasi dalam Pembelajaran. Diambil kembali dari kumparan.com: https://m.kumparan.com/yulianto-aditya/manajemen-sistem-informasi-dalam-pembelajaran-1uSfqjy2goO

Zis, S. F. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. doi:https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550




DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v12i1.43495

Article Metrics

Abstract view : 529 times
PDF - 326 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
NIAGAWAN is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.