PERANAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DALAM PEMBELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS GUNA MENERAPKAN ETIKA BERBISNIS
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v12i1.43495Keywords:
Learning Management System, Komunikasi Bisnis, Etika BerbisnisAbstract
Peranan Learning Management System Dalam Pembelajaran Komunikasi Bisnis sangatlah penting Guna Menerapkan Etika Berbisnis, didalam penelitian ini memiliki beberapa isu-isu tentang bagaimana pembelajaran generasi milenial menerapkan sebuah etika dalam komunikasi bisnis, karena pada zaman sekarang yang semakin maju haruslah juga mengedepankan etika dalam berkomunikasi apalagi didalam bidang komunikasi bisnis. Tujuan penelitian ini yaitu guna mendukung dan memahami sebuah etika berkomunikasi bisnis supaya mendapatkan rasa hormatnya dan jika sudah mendapatkan rasa hormat tersebut maka akan dimudahkan dalam berkomunikasi. Didalam penelitian ini menggunakan metode penelitian Studi Literatur yang menggunakan 4 penelitian terdahulu yang terjamin dan hasilnya akan dideskripsikan oleh peneliti. Dalam hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti ialah peran Learning management System sangatlah berguna dalam pembelajaran komunikasi bisnis guna mendukung penerapan etika dalam berkomunikasi. Oleh karena itulah mengapa pembelajaran komunikasi bisnis sangatlah penting bagi yang akan terjun langsung pada bidang bisnis. karena jika generasi milenial telah memahami apa itu etika dalam komunikasi bisnis, maka akan dimudahkan dalam berbisnis seperti kinerja dalam berkomunikasi yang baik dan beretika dimana sebagai pelaku usaha UMKM maupun karyawan didalam suatu struktur organisasi perusahaan.References
Almeida, C. (2021, Oktober 26). Pentingnya Etika Komunikasi dalam Bisnis di Era New Normal. Diambil kembali dari Kompasiana.com: https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/cyintiaa1903/6177a35f010190096801ddd2/pentingnya-etika-komunikasi-dalam-bisnis-di-era-new-normal
Anggraeny, G. (2017, Desember 31). Pembelajaran dan Implementasi Etika Bisnis Islam: Studi pada Mahasiswa Akuntansi Syariah IAIN Surakarta. Academica : Jurnal Kajian Multidisiplin, VOL. 1 NO.2. Diambil kembali dari https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/academica/article/view/1031
Choiri, & Obeit, E. (2022, Augustus 16). Penting! Ini 10 Etika dalam Berbisnis yang Wajib Diketahui. Diambil kembali dari Qwords: https://qwords.com/blog/etika-dalam-bisnis/
Falincia, & Carolina, R. (2021, November 16). Etika Komunikasi Bisnis dalam Dunia Bisnis. Diambil kembali dari news.limadetik.com: https://news.limadetik.com/etika-komunikasi-bisnis-dalam-dunia-bisnis/
Fathurohman, F., & Safitri, L. (2021). KOMUNIKASI BISNIS. Dalam R. S. Tri Herdiawan Apandi (Penyunt.). Subang: POLSUB PRESS.
Husna. (2019, Oktober 25). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving Pada Materi Gambar Etika Komunikasi Bisnis SMK Negeri 1 Banda Aceh. Journal | Jurnal Serambi Akademica. Diambil kembali dari https://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/view/1513
Irwansyah, & Damanik, P. (2018). PENGARUH MATA KULIAH KOMUNIKASI BISNIS DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MAHASISWA TATA NIAGA 2013 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. VOL 7, NO 1. doi:https://doi.org/10.24114/niaga.v7i1.9351
Laia, V. P. (2022, Desember 6). Etika dalam Komunikasi Bisnis. Diambil kembali dari DEPOKPOS: https://www.depokpos.com/2022/12/etika-dalam-komunikasi-bisnis/
Lailia, M. (2021, Juni 16). Etika Komunikasi dalam Berbisnis. Diambil kembali dari kumparan.com: https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/maghfirotul-lailia/etika-komunikasi-dalam-berbisnis-1vx8Rhr4ybw
Philipus, N. (2019). KOMUNIKASI BISNIS YANG ETIS : Sebuah Tinjauan Kritis. Jurnal Komunikasi Dan Bisnis. Jurnal Komunikasi Dan Bisnis, 6(2). Diambil kembali dari https://jurnal.kwikkiangie.ac.id/index.php/JKB/article/view/570
Pranawukir, I., & Elisabet hamboer, M. (2021, 10 28). Model Komunikasi Bisnis Jual Beli Buku Melalui Komunikasi Interpersonal dan Komunitas Grup Facebook. IKRA-ITH HUMANIORA, Vol 6 No 2 (2022). doi:https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v6i2.1498
Prayogi Adie Pradja, M., Saeful Hilalulloh, M., & Firmansyah, R. (2022). Peranan Learning Managemet System Dalam Mendukung Model Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional (JPTIV), Vol 4, No 2. doi:DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpvti.v4.i2.202201
Priharto, S. (2019, Oktober 7). Pengertian Komunikasi Bisnis, Unsur, Tujuan, Teknik, Dan Jenisnya. Diambil kembali dari cpssoft.com: https://cpssoft.com/blog/bisnis/pengertian-komunikasi-bisnis/
Rahmania, F., Khoeriyah, S., Febrianty, V., Putri, S., Setiawati, W., & Firmansyah, R. (2022). Efektivitas Edufecta Learning Management System sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Teknologi Digital. Jurnal MEKA. doi:https://ejurnal.poltekkutaraja.ac.id/index.php/meka/article/view/199
Rakhma, & Tazqiya, M. (2022). ETIKA KOMUNIKASI BISNIS DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Orasi Jurnal Dakwah dan Komunikasi, Vol. 13 No. 1. doi:http://dx.doi.org/10.24235/orasi.v13i1.9357
Ramadhani, N. (2020, Juni 25). Unsur, Fungsi dan Tujuan dalam Komunikasi Bisnis. Diambil kembali dari Akseleran: https://www.akseleran.co.id/blog/komunikasi-bisnis/
Rozaini, N., & Cristina Purba, L. (2018). PENGARUH HASIL BELAJAR KOMUNIKASI BISNIS DAN KEMATANGAN VOKASIONAL TERHADAP KESIAPAN. NIAGAWAN, Vol 7, No 1. Diambil kembali dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/niagawan/article/view/9348
Santoso, J. T. (2021, Desember 14). Komunikasi Dalam Berbisnis. Diambil kembali dari Universitas STEKOM: https://stekom.ac.id/artikel/komunikasi-dalam-berbisnis
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Yulianto, A. (2020, Oktober 26). Manajemen Sistem Informasi dalam Pembelajaran. Diambil kembali dari kumparan.com: https://m.kumparan.com/yulianto-aditya/manajemen-sistem-informasi-dalam-pembelajaran-1uSfqjy2goO
Zis, S. F. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69“87. doi:https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0