PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN: DILIHAT DARI SISI PERSEDIAAN DAN KUALITAS PRODUK

Bambang Sutejo, Muammar Rinaldi, Monica Monica

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Persediaan terhadap Volume Penjualan pada PT. Bilah Baja Makmur Abadi Medan, mengetahui pengaruh Kualitas Produk terhadap Volume Penjualan pada PT. Bilah Baja Makmur Abadi Medan, mengetahui pengaruh Persediaan dan Kualitas Produk terhadap Volume Penjualan pada PT. Bilah Baja Makmur Abadi Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan dari PT. Bilah Baja Makmur Abadi Medan sebanyak 2.515 responden. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus slovin dan berjumlah sebanyak 96 responden. Hasil penelitian menunjukkan Persediaan dan Kualitas Produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Volume Penjualan pada PT. Bilah Baja Makmur Abadi Medan. Hasil penelitian menunjukkan Persediaan dan Kualitas Produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Volume Penjualan pada PT. Bilah Baja Makmur Abadi Medan. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R square (R2) yang artinya bahwa Persediaan dan Kualitas Produk mempunyai pengaruh terhadap Volume Penjualan. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti people, process dan physical evidence.

Keywords


Persediaan; Kualitas Produk; Volume Penjualan

Full Text:

PDF

References


Alvonco, Johnson. 2014. Practical Communication Skill. Jakarta: Kelompok Gramedia.

Amrullah, Afif Fadin. 2013. Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Volume Penjualan Makanan Mie Instan. Jurnal EKOMEN Juli 2013 ISSN: 2337-5434

Andriani, dkk. 2017. Desain Dan Analisis Eksperimen. Malang: UB Press.

Arifin, Agus Zainal. 2018. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Damiati, dkk. 2017. Perilaku Konsumen. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Firmansyah, Anang. 2019. Pemasaran Produk Dan Merk. Pasuruan: Qiara Media.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hidayat, Taufik. 2013. Membuat Aplikasi Excel Untuk UKM. Jakarta: Media Kita.

JUD. 2016. Langkah Pertama Jadi Pengusaha UMKM. Malaysia: Jubilee Enterprise.

Marbun. 2016. Pengaruh Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Cipta Group. Jurnal Manajemen Vol.3 No.2 2016 ISSN: 2252-5262.

Mokalu, Frendy O dan Altje Tumbel. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Distribusi Terhadap Volume Penjualan Roti Jordan CV. Minahasa Mantap Perkasa. Jurnal EMBA Vol.3 No. 1 Maret 2015 ISSN: 2303-1174.

Ngalimun, dkk. 2019. Komunikasi Bisnis.Yogyakarta: Parama Ilmu.

Puryono, Moh. Edi. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Saluran Distribusi terhadap Volume Penjualan Produk Aluminium Sulvate di PT.Liku Telaga. Jurnal Manajemen, Gresik, Juli 2019, ISSN: 2354-8592.

Raharjo, Triweda. 2018 Strategi Pemasaran Dan Penguatan Daya Saing Produk Batik UMKM. Surabaya: Jakad Publishing.

Rangkuti, Freddy. 2013. Strategi Promosi Yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Riyadi, Slamet. 2017. Akuntansi Manajemen. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Soemohadiwidjojo, Arini T. 2017. Key Performance Indicator Utuk Perusahaan Industri. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Sugeng, Bambang. 2017. Manajemen Keuangan Fundamental. Yogyakarta: DeePublish.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Supomo, Bambang. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Edisi 1. Cetakan ke-12. Yogyakarta: BPFE.

Usuli. Sudiarto. 2011. Pengaruh Persediaan terhadap Volume Penjualan Suku Cadang pada CV. Metro Jaya Mandiri Poso. Jurnal EKOMEN Volume 12 No.2 September 2011 ISSN: 1693-9131.

Wahyudiono, bambang. 2014. Mudah Membaca Laporan Keuangan. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Widodo. 2017. Metodologi Penelitian, Populer & Praktis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v12i1.43790

Article Metrics

Abstract view : 251 times
PDF - 332 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Niagawan



NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0