PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN: DILIHAT DARI SISI PERSEDIAAN DAN KUALITAS PRODUK
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v12i1.43790Keywords:
Persediaan, Kualitas Produk, Volume PenjualanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Persediaan terhadap Volume Penjualan pada PT. Bilah Baja Makmur Abadi Medan, mengetahui pengaruh Kualitas Produk terhadap Volume Penjualan pada PT. Bilah Baja Makmur Abadi Medan, mengetahui pengaruh Persediaan dan Kualitas Produk terhadap Volume Penjualan pada PT. Bilah Baja Makmur Abadi Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan dari PT. Bilah Baja Makmur Abadi Medan sebanyak 2.515 responden. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus slovin dan berjumlah sebanyak 96 responden. Hasil penelitian menunjukkan Persediaan dan Kualitas Produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Volume Penjualan pada PT. Bilah Baja Makmur Abadi Medan. Hasil penelitian menunjukkan Persediaan dan Kualitas Produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Volume Penjualan pada PT. Bilah Baja Makmur Abadi Medan. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R square (R2) yang artinya bahwa Persediaan dan Kualitas Produk mempunyai pengaruh terhadap Volume Penjualan. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti people, process dan physical evidence.References
Alvonco, Johnson. 2014. Practical Communication Skill. Jakarta: Kelompok Gramedia.
Amrullah, Afif Fadin. 2013. Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Volume Penjualan Makanan Mie Instan. Jurnal EKOMEN Juli 2013 ISSN: 2337-5434
Andriani, dkk. 2017. Desain Dan Analisis Eksperimen. Malang: UB Press.
Arifin, Agus Zainal. 2018. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Zahir Publishing.
Damiati, dkk. 2017. Perilaku Konsumen. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.
Firmansyah, Anang. 2019. Pemasaran Produk Dan Merk. Pasuruan: Qiara Media.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hidayat, Taufik. 2013. Membuat Aplikasi Excel Untuk UKM. Jakarta: Media Kita.
JUD. 2016. Langkah Pertama Jadi Pengusaha UMKM. Malaysia: Jubilee Enterprise.
Marbun. 2016. Pengaruh Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Cipta Group. Jurnal Manajemen Vol.3 No.2 2016 ISSN: 2252-5262.
Mokalu, Frendy O dan Altje Tumbel. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Distribusi Terhadap Volume Penjualan Roti Jordan CV. Minahasa Mantap Perkasa. Jurnal EMBA Vol.3 No. 1 Maret 2015 ISSN: 2303-1174.
Ngalimun, dkk. 2019. Komunikasi Bisnis.Yogyakarta: Parama Ilmu.
Puryono, Moh. Edi. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Saluran Distribusi terhadap Volume Penjualan Produk Aluminium Sulvate di PT.Liku Telaga. Jurnal Manajemen, Gresik, Juli 2019, ISSN: 2354-8592.
Raharjo, Triweda. 2018 Strategi Pemasaran Dan Penguatan Daya Saing Produk Batik UMKM. Surabaya: Jakad Publishing.
Rangkuti, Freddy. 2013. Strategi Promosi Yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Riyadi, Slamet. 2017. Akuntansi Manajemen. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Soemohadiwidjojo, Arini T. 2017. Key Performance Indicator Utuk Perusahaan Industri. Jakarta: Raih Asa Sukses.
Sugeng, Bambang. 2017. Manajemen Keuangan Fundamental. Yogyakarta: DeePublish.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Supomo, Bambang. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Edisi 1. Cetakan ke-12. Yogyakarta: BPFE.
Usuli. Sudiarto. 2011. Pengaruh Persediaan terhadap Volume Penjualan Suku Cadang pada CV. Metro Jaya Mandiri Poso. Jurnal EKOMEN Volume 12 No.2 September 2011 ISSN: 1693-9131.
Wahyudiono, bambang. 2014. Mudah Membaca Laporan Keuangan. Jakarta: Raih Asa Sukses.
Widodo. 2017. Metodologi Penelitian, Populer & Praktis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0