PERANAN KOMUNIKASI BISNIS DALAM INTERPERSONAL SKILLS PROFESI SALES AND MARKETING
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v12i2.44071Keywords:
Interpersonal, Komunikasi, Profesi, Sales, MarketingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran komunikasi bisnis dalam mengembangkan interpersonal skill untuk menjalankan profesi sales dan marketing dalam sebuah perusahaan. Komunikasi Interpersonal atau antar pribadi ialah komunikasi yang paling dasar dalam melancarkan suatu usaha. Karena selain usaha online, semua dilaksanakan melalui komunikasi secara personal maupun personal ke personal lainnya. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan cara mengumpulkan sumber-sumber terdahulu yang berkaitan dengan tema penelitian yang sedang kita kaji,dalam artikel jurnal ini menggunakan jurnal nasional yang berhubungan dengan pokok pembahasan. Hasil yang telah diperoleh dari beberapa jurnal tersebut menerangkan bahwa memiliki nilai manfaat yang positif yaitu dapat meningkatkan hasil penjualan produk suatu perusahaan mulai dari cara mempromosikan suatu produk yang dijualnya. Selain dapat memberikan dampak positif mengenai meningkatnya hasil penjualan, komunikasi bisnis dalam interpersonal skill juga dapat membuat kesan citra yang baik terhadap para pelanggan baik didalam negeri ataupun diluar negeri, menjalin relasi dengan para pelanggan dan dapat membuat terjalinnya hubungan kerja sama antar 2 perusahaan ataupun lebih. Sehingga, dapat menghasilkan suatu produk baru yang lebih menarik lagi untuk dijual kepada para konsumen.References
Ayu, M. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan (Sales Promotion) Terhadap Volume Penjualan Pada PT. La Genius International Group Cabang Medan. Resipotery, 6.
Chakti, A. G. (2019). THE BOOK OF DIGITAL MARKETING: BUKU PEMASARAN DIGITAL. In A. G. Chakti, THE BOOK OF DIGITAL MARKETING: BUKU PEMASARAN DIGITAL (p. 2). sulawesi: tim kreatif celebes media perkasa.
Diana. (2022). Etika Profesi dalam perusahaan sub sektor hotel. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 2112.
Dima. (2021). Transisi komunikasi Pemasaran sales dan marketing dari offlinr ke online untuk brosur promosi fasilitas hotel pada masa pandemi covid - 19 di kota semarang. Unisbank, 652.
Dr. Redi Panuju, M. (2019). Pemasaran sebagai gejala Komunikasi Komunikasi sebagai gejala pemasaran. In M. Dr. Redi Panuju, Komunikasi Pemasaran (p. 8). Jakarta: Kencana.
Dr. Rinto Alexandro, M. ,. (2021). In Profesi Keguruan. Palangka Raya.
Dra.Emik Rahayu, M. d. (2021). TRANSISI KOMUNIKASI PEMASARAN. Porisding, 652.
Ilma Amalia, d. (2018). PENGARUH INTERPERSONAL SKILL, SALESMANSHIP SKILL, TECHNICAL SKILL, DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA TENAGA PENJUALAN PADA PT UNITED TRACTORS TBK. Jurnal Admisi dan Bisnis, 3.
Mustanaa. (2021 2021 ). Dalam upaya untuk mencapai keuntungan, perusahaan dihadapkan pada berbagai bidang kegiatan yang saling menunjang dan berinteraksi satu sama lain. Dalam upaya untuk mencapai keuntungan, perusahaan dihadapkan pada berbagai bidang kegiatan yang saling menunj. Dalam upaya untuk mencapai keuntungan, perusahaan dihadapkan pada berbagai bidang kegiatan yang saling menunjang dan berinteraksi satu sama lain. , 13.
Noorjaya Nahan, d. (2019). Analisis Media Online sebagai Komunikasi Bisnis pada UKM Pekerja Wanita di Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, 54.
Philipus, N. (2018). KOMUNIKASI BISNIS YANG ETIS: Sebuah Tinjauan Kritis . Jurnal Komunikasi dan Bisnis, 47.
PRAMUSINTA, B. D. (2021). DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN œCOFFEE MARROAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN. Jurnal Research Repository, 25.
Prastowohadi, T. (2020). Pengaruh pengembangan produk dan dan promosi terhadap peningkatan volume penjualan pada perusahaan konveksin "mentari" diklaten Indonesia. Administration BUssines and organization , 42.
Rifqi Agianto, d. (2022). Pengaruh interpersonal skill pada social media marketing instagram terhadap keputusan pembelian produk fashion erigo. Jurnal Purnama Berazam, 142.
Tanjung, R. A. (2022). Hubungan Citra Diri dengan Komunikasi Interpersonal pada Sales Marketing di PTPN II Tanjung Morawa. Universitan Medan Area, 31.
Vida Ratna, d. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK VIVELLE DI SHAN HAIR BEAUTY CARE. Jurnal Teknik, 4.
Wahyu Diana, d. (2022). Etika profesi dalam perusahaan jasa sub sektor hotel. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 2113.
Wahyu Diana, d. (2022). Etika profesi dalam perusahaan jasa sub sektor hotel. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 2112.
Winarto, W. (2018). Model peningkatan kinerja penjualan melalui interpersonal skills, salesmanship skills dan technical skills salesperson. Jurnal Admisi dan Bisnis, 129.
Yudhaputri, E. A. (2020). Interpersonal skill : upaya peningkatan SDM unggul dunia pendidikan. Jurnal Administrasi Profesional, 2.
Yuriko Tirta Shansis, d. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK VIVELLE DI SHAN HAIR BEAUTY CARE. Jurnal Teknik Sekolah Tinggi Teknik Malang, 3.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0