ANALISIS STUDI KELAYAKAN BISNIS PADA USAHA KULIT LUMPIA MAS YOM

Uswatun Hasana Rista, Erika Amanda Putri, Wulan Natasha Simanjuntak, Muhammad Syahrial Wahyudi

Abstract


Pada sebuah bisnis yang dilakukan sering sekali kita melupakan hak serta kewajiban-kewajiban yang harus ditaati oleh seorang pelaku bisnis. Bagaimana sebuah bisnis tersebut dapat menjadi dampak positif bagi lingkungan maupun masyarakat sekitar dan dikatakan layak dengan berdasarkan pada beberapa aspek seperti dari aspek pasar dan pemasaran, aspek mengenai dampak lingkungan serta aspek manajemen dan sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui pengaruh tingkat pengalaman berwirausaha terhadap pengembangan usaha pada UMKM Kulit Lumpia pada mas yom (2) Untuk mengetahui analisis studi kelayakan bisnis pada usaha kulit lumpia Mas Yom (3) Untuk mengamati tingkat kelayakan usaha kulit lumpia Mas Yom. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang berisi tentang gambaran mengenai lokasi usaha dan kelayakan usaha ditinjau dari berbagai aspek-aspek kelayakan bisnis. Dari penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa usaha kulit lumpia Mas Yom ini layak untuk dijadikan sebuah usaha ditinjau dari beberapa aspek yang dibahas yaitu aspek pasar dan pemasaran, aspek aspek mengenai dampak lingkungan (AMDAL), aspek manajemen dan sumber daya manusia.

Katakunci: Studi Kelayakan Bisnis, UMKM, Kulit Lumpia  


Keywords


Studi Kelayakan Bisnis; UMKM; Kulit Lumpia

Full Text:

PDF

References


Hasan Subkhie, S. A. (2012). Analisis Kelayakan Usaha Peternakan Ayam Pedaging dengan Pola Kemitraan di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Jurnal Manajemen, 54-63.

Nabila Ananda Putri, Z. S. (2019). Analisis Kelayakan Bisnis Kedai Kopi (Studi Kasus Pada Agrowisata N8 Malabar, Pangalengan, Kabupaten Bandung). Journal of Food System and Agribusiness, 89-100.

Sabda Dian Nurani Siahaan, N. I. (2021). Analisis Kelayakan Bisnis Restoran Chicken Crush Tuasan Medan . Jurnal Niagawan, 143-158.

Saragih, R. S. (2022). Analisis Kelayakan Usaha Budidaya Lobster Air Tawar (Cherax quadricarinatus) di Wampu Crayfish Desa Stabat Lama Barat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 198-204.

Winny Alna Marlina, H. (2021). Business Feasibility Study at SMEs Fried Corn Sukma, Payakumbuh. Jurnal Manajemen (Edisi Elektroniik), 202-220.

Jakfar, K. (2012). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Kencana

Sufi, S.Y. (2006). Aneka Lumpia dan Risoles. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Jakfar, K. (2003). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yanuar, D. (2016). Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau dari Aspek Pasar, Aspek Pemasaran dan Aspek Keuangan pada UMKM Makanan Khas Bangka di Kota Pangkalpinang. Jurnal E-KOMBIS, II(1), 41–51.

Umar, Husein. (2005). Studi Kelayakan Bisnis. Edisi-3. PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Purnomo, R. A., Riawan, R., & Sugiharto, L. (2018). Studi Kelayakan Bisnis. UNMUH Ponorogo Press.

Umar, Husein. (2005). Studi Kelayakan Bisnis. Edisi-3. PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Subagyo, A. (2007). Studi Kelayakan Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo


Article Metrics

Abstract view : 421 times
PDF - 1054 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
NIAGAWAN is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.